Share

Lolos SPAN-PTKIN, 95 Siswa Madrasah Swasta Diterima di UI hingga Unsoed

Tim Okezone, Okezone · Senin 25 April 2022 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 25 624 2584935 lolos-span-ptkin-95-siswa-madrasah-swasta-diterima-di-ui-hingga-unsoed-7gWEuN6Iyh.jpg Direktur KSKK Madrasah M Isom. (Foto: Kemenag)

KUDUS - Sejumlah siswa madrasah swasta meraih prestasi membanggakan. Patut diapresiasi, siswa Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Tasywiquth Thullab Salafiyah (MA NU TBS) Kudus berhasil masuk kampus negeri.

Tercatat ada 95 siswa MA NU TBS yang lolos Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Negeri Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) yang diumumkan pada 15 April 2022.

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Moh. Isom mengapresiasi prestasi siswa MA NU TBS. Menurutnya ini tidak lepas dari dukungan pihak madrasah yang selalu memberikan motivasi kepada anak didiknya.

“Ini hebat sekali, mengingat madrasah tersebut adalah madrasah swasta. Saya bangga atas prestasi ini, sejumlah siswa yang meraih kelolosan SPAN ini tentunya tidak lepas dari dukungan para kiai, guru yang terus memotivasi santrinya disana,” ujar Isom dilansir dari laman Kemenag, Senin (25/04/2022).

Isom menuturkan seluruh proses SPAN dilakukan secara transparan dengan berdasar pada nilai rapor dan prestasi akademik siswa. "Proses seleksi ini murni berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik siswa," tutur Guru Besar IAIN Ternate.

Isom menerangkan prestasi ini merupakan bagian kecil yang menandakan lulusan madrasah binaan Kementerian Agama semakin unggul dan merata. Baik siswa madrasah negeri maupun swasta, semuanya mampu bersaing secara terbuka. “Ini merupakan contoh kecil prestasi lulusan madrasah yang semakin hari semakin unggul,” terangnya.

Isom berpesan kepada siswa yang dinyatakan lolos jalur SPAN untuk terus memberikan prestasi pada jenjang berikutnya dan selalu membawa nama baik almamater hingga kancah internasional. “Saya sampaikan selamat kepada seluruh siswa MA NU TBS Kudus dan semua stakeholder dan keluarga besar madrasah," ucap Isom.

“Saya berharap, ke depan madrasah menghegemoni sistem pendidikan di Indonesia,” harapnya.

Siswa MA NU TBS diterima di sejumlah perguruan tinggi, yaitu: Universitas Indonesia (4), Universitas Negeri Semarang (5), Universitas Jenderal Soedirman (1), Politeknik Negeri Semarang (1), dan Univeritas Diponegoro (1). Selain itu, siswa MA NU TBS juga diterima di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang (40), IAIN Kudus (36), IAIN Salatiga (7), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (5), UIN Jakarta (3), UIN Malang (2), IAIN Kediri (1), dan UIN Samarinda (1).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini