Share

Mengenal Suasana Ramadan, Mahasiswa Asing UM Purwokerto Memasak untuk Berbuka di Kampus

Saladin Ayyubi, iNews · Senin 18 April 2022 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 18 65 2580927 mengenal-suasana-ramadan-mahasiswa-asing-um-purwokerto-memasak-untuk-berbuka-di-kampus-RKJiqUOIsA.jpg Rektor UM Purwokerto Jebul Suroso menyiapkan menu berbuka puasa bersama para mahasiswa asing. (Foto: Antara)

PURWOKERTO – Agar dapat lebih mengenal dan mencintai suasana Ramadan di Indonesia, sejumlah mahasiswa asing dari berbagai negara belajar memasak menu berbuka puasa di Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Jawa Tengah. Selain memasak, mereka juga dikenalkan dengan kuliner takjil khas daerah serta berbuka puasa dengan masakan hasil karya mereka.

BACA JUGA: Di Kampus Ada Kebun Kelapa Kopyor? Intip Kerennya Universitas Muhammadiyah Purwokerto!

Aymen Mouhine, Ahmed Taha, Mamoudu Sangare, Habib Rekhman Khan, Motwakil Mohamed, Khalid Khasan, dan Tarmeesee Wadeng adalah mahasiswa dari Yaman, Mali, Pakistan, Sudan, Bangladesh, dan Thailand. Saat ini mereka merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Jawa Tengah yang sedang belajar memasak untuk menu berbuka puasa.

Kali ini mereka membuat menu khas Thailand yaitu tom yang. Tharmeesee Wadeng yang merupakan mahasiswa asal Thailand membimbing rekan-rekannya untuk membuat menu, yang mirip dengan sop khas Indonesia itu.

Menu ini juga menggunakan bumbu-bumbu seperti serai, lengkuas, bawang putih, bawang merah, cabai dan sejumlah sayur seperti tomat, kubis, seledri, dan lain-lainnya.

BACA JUGA: Universitas Muhammadiyah Purwokerto Gelar Wisuda Offline, Diikuti 4 Mahasiswa Asing

Selama memasak menu berbuka puasa, para mahasiswa asing ini juga memperoleh penjelasan langsung dari Jebul Suroso, rektor setempat, tentang jenis-jenis bumbu masak dan tanaman-tanaman khas Indonesia yang bisa dijadikan bumbu masakan. Ternyata mereka belum tahu apa itu serai, lengkuas, daun jeruk nipis serta sejumlah tanaman lain yang bisa dijadikan bumbu masakan.

Dengan bergantian memasak sambil menyimak, para mahasiswa asing akhirnya berhasil menyelesaikan menu tom yang.

Follow Berita Okezone di Google News

Menurut salah satu mahasiswa asing ini, belajar memasak merupakan hal baru dan mereka mengaku sangat senang. Apalagi, selain belajar memasak, di bulan ramadan ini mereka juga dikenalkan aneka jajanan kuliner yang dijual di sekitar kampus.

Sementara itu pihak kampus mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk tradisi agar mahasiswa asing bisa lebih dekat dan mengenalkan masakan daerah masing-masing.

Usai memasak menu berbuka puasa, para mahasiswa asing ini selanjutnya berbuka puasa bersama dengan menu-menu yang telah disajikan. Mereka berbuka bersama dengan pihak kampus dan juga mahasiswa kampus. Mereka mengaku puas bisa memasak menu berbuka sendiri di bulan Ramadan ini.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini