Share

Belajar dari Anak Yatim Ini, Meski Butuh tapi Berikan Rezekinya untuk Sang Adik

Rachmat Kurniawan, iNews · Senin 18 April 2022 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 18 624 2580872 belajar-dari-anak-yatim-ini-meski-butuh-tapi-berikan-rezekinya-untuk-sang-adik-FKWw4mj0RK.jpg Nur Iva/Foto: MNC Portal

BANGKA TENGAH - Seorang anak yatim asal Desa Kurau Barat Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah bernama Nur Iva memiliki hati yang besar dan mampu memberikan pembelajaran yang sangat berarti kepada siapa saja yang melihatnya.

(Baca juga: Tak Pernah Mengeyam Pendidikan Formal, Remaja Putri Tunanetra dan Yatim Berhasil Jadi Penghafal Al Quran)

Hal ini terlihat saat dirinya berhasil menangkan doorprize berupa satu buah sepeda wanita yang di undi oleh Bupati Kabupaten Bangka Tengah Algafry Rahman dalam acara Yatim Fest di Gedung Serba Guna Selawang Segantang Koba Kabupaten Bangka Tenga.

Dia mendapat hadiah satu buah sepeda ternyata tidak membuatnya bahagia dengan merayakan keberuntunganya, Namun dirinya langsung menangis. Setelah di giring panitia pelaksana ke atas panggung untuk mengambil sepedanya.

Sambil menangis dan memohon di pelukan Istri Bupati Kabupaten Bangka Tengah, drg. Eva Algafry, agar hadiah sepedanya dapat di tukar dengan sepeda laki-laki untuk sang adik bersekolah, dan lantaran sepeda sang adik telah rusak.

"Boleh tidak sepedanya ditukar sama yang model untuk laki-laki, mau diberikan ke adik saya buat berangkat ke Sekolah," ujar Nur sambil menangis kepada Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman yang saat itu turut didampingi sang istri, drg. Eva Algafry.

Mendengar pernyataan tersebut, membuat orang yang mendengarnya jadi terharu. Dan tentunya menjadi pelajaran berharga bagi siapa saja yang melihatnya. Bagaimana mungkin seorang anak yatim yang masih duduk di bangku kelas 4 Sekolah Dasar dan membutuhkan sepeda untuk dirinya pergi ke sekolah, namun dirinya masih memikirkan membantu sang adik untuk bisa nyaman pergi ke sekolah.

Mendengar hal tersebut, Bupati Kabupaten Bangka Tengah Algafry Rahman langsung tersenyum, terharu dan berusaha menguatkan hati Nur. Bahkan sudah menjadi rejeki Nur, dirinya tak hanya mampu memberikan sepeda untuk sang adik atas hadiah langsung sepeda laki-laki dari Bupati ya, namun dirinya juga berhak membawa pulang sepeda yang ia menangkan.

"Jangan, sepeda ini hak kamu, nanti untuk adikknya kita belikan yang baru," ujar Algafry.

Disisi lain susai kegiatan, Algafry mengungkapkan jika melakui seorang Nur, mampu memberikan pembelajaran bagi kita semua untuk dapat saling berbagi.

"Nur ini adalah gambaran dari keberhasilan orangtua dalam mendidik anaknya, sehingga berbekas dihati sang anak untuk berbagi kepada sesama, khususnya antar keluarga. Ini adalah spotanitas yang MasyaAllah, tidak kuat hati saya melihatnya, sehingga sudah sepatutnya saya juga menyisihkan sebagian rezeki yang ada, mudah-mudahan bisa memberikan semangat juga untuk Nur dan adiknya ke depan," ungkapnya

Menurut Algafry, apa yang dilihatnya juga merupakan teguran bagi semua yang hadir, bahwa ada sisi yang harus kita perhatikan.

"Dia yang masih kecil saja bisa memperhatikan adiknya, apalagi kita. Ini adalah tamparan untuk kita lebih peka terhadap kondisi yang terjadi saat ini,"pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini