Share

Menteri Yasonna Minta Mahasiswa Maksimalkan Riset IT, Apa Manfaatnya?

Arif Budianto, Koran SI · Kamis 07 April 2022 10:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 07 65 2574711 menteri-yasonna-minta-mahasiswa-maksimalkan-riset-it-apa-manfaatnya-BhYSX9iUS8.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Mahasiswa diminta bisa memaksimalkan riset terkait penggunaan teknologi digital. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laloy mengungkapkan, riset ini akan mendorong maksimalnya pemanfaatan teknologi digitalisasi kedepan.

Menurut dia, riset yang dilakukan perguruan tinggi dalam hal ini mahasiswa, bisa menelaah lebih dalam tentang perkembangan teknologi digital ke depan, tantangan, serta potensi teknologi digital untuk hal negatif.

"Selain itu, mahasiswa juga bisa memberikan masukan dan evaluasi terkait hal cipta. Karana kita lihat, saat ini percepatan perubahan sangat cepat, sehingga perlu dilakukan penyesuaian penyesuaian, " jelas Yasonna saat memberikan kuliah umum tentang “Kekayaan Intelektual di Era Transformasi Digital”, yang diselenggarakan oleh Departemen Teknologi Informasi Komunikasi dan Kekayaan Intelektual (TIKKI) & Pusat Studi Cyber Law dan Transformasi Digital Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Rabu (6/4/2022).

Menurut dia, saat ini transformasi digitalisasi bergerak begitu cepat. Dulu, revolusi industri bisa memakan waktu puluhan tahun. Saat ini, perubahan revolusi industri bisa terjadi hanya dalam hitungan tahun saja. Perubahan secara cepat ini lah yang mesti direspon oleh masyarakat Indonesia.

"Dulu apa yang tidak pikirkan, ternyata sekarang sudah terjadi. Artinya perubahan terjadi begitu cepat," jelas dia.

Di Kemenkumham, kata dia, perubahan digitalisasi juga telah dilakukan. Jika dulu pendaftaran HAKI dilakukan secara manual, sejak pandemi dialihkan menjadi online. Ternyata, kemudahan ini memberi peluang kepada masyarakat lebih mudah menghadapi birokrasi.

"Saat pandemi pendaratan HAKI meningkat cukup signifikan, ini menunjukkan masyarakat dimudahkan dalam melakukan pendaftaran HAKI, " imbuh dia. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini