Share

5 Sikap yang Termasuk Etos Kerja Tinggi, Bikin Karier Makin Sukses!

Rina Anggraeni, Sindonews · Kamis 31 Maret 2022 10:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 31 65 2570768 5-sikap-yang-termasuk-etos-kerja-tinggi-bikin-karier-makin-sukses-ORpz4ufoLM.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

JAKARTA - Sikap yang termasuk etos kerja tinggi memang kerap banyak dilakukan dalam meningkatkan karier. Sikap ini haruslah dimiliki oleh individu,kelompok,masyarakat, apalagi oleh seorang ASN, Aparat militer /TNI,Kepolisian.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia etos kerja adalah semangat kerja yang menjadi ciri khas dan keyakinan seseorang atau suatu kelompok. Kerja dalam arti pengertian luas adalah semua bentuk usaha yang dilakukan manusia baik dalam hal materi, intelektual dan fisik, maupun hal-hal yang berkaitan dengan keduniawian maupun keakhiratan.

Sikap yang termasuk etos kerja tinggi juga perlu diimplementasikan dalam sebuah pekerjaan. Sebab, bisa jaminan sukses pelaksanaan mandat yang akan mengukir prestasi kerja dan pengharapan.

Nah berikut 5 sikap yang termasuk etos kerja tinggi perlu dilakukan dalam kesuksesan karier:

1. Disiplin

Disiplin adalah buah sikap yang selalu tepat janji, sehingga orang lain mempercayainya. Selain menepati janji kepada orang lain, pemilik sifat ini akan selalu konsisten dengan apa yang ia ucapkan dan memiliki komitmen yang tinggi atas segala sesuatu yang ia kerjakan.

Karena itu, memiliki sifat disiplin ini merupakan sebuah keharusan agar kamu dapat menjadi seorang pekerja yang baik. Dan berikut adalah beberapa alasan kenapa seorang pekerja harus memiliki sifat disiplin.

2. Dapat Diandalkan

Bisa diandalkan merupakan sikap yang sangat disukai oleh atasan. Pekerja yang dapat diandalkan dan dipercaya terutama dalam hal pekerjaan. Ini dapat ditunjukkan dengan mengumpulkan pekerjaan sesuai jadwal, menepati target, datang tepat waktu ketika rapat, serta memiliki reputasi baik di hadapan klien dan kolega.

3. Bertanggung Jawab

Mampu melaksanakan tugas-tugas yang harus dilakukannya karena mempunyai keahlian atau keterampilan yang diperlukan.Bertanggung jawab berarti mau mengakui kesalahan dan berusaha secara proaktif untuk memperbaikinya.

4. Mampu bekerjasama

Orang yang profesional mampu bekerjasama dengan semua orang yang ada di sekitarnya tanpa pandang bulu. Semua orang juga diperlakukan sama olehnya sehingga tak ada satu pun yang diistimewakan. Sikap inilah yang perlu dicontoh.

Seseorang dengan etos kerja tinggi memahami pentingnya sebuah kerja tim. Itu sebabnya mereka akan selalu berusaha untuk dapat bekerja dengan siapa pun dengan selalu bersikap sopan, menghargai orang lain dan siap membantu jika dibutuhkan.

5. Punya integritas tinggi

Sikap yang termasuk etos kerja tinggi adalah menunjukkan integritas di tempat kerja. Integritas dapat dipahami pada cara memegang teguh prinsip moral yang baik, seperti konsisten dalam bersikap jujur, sopan dan adil pada orang lain.

Integritas dalam pekerjaan dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk. Contohnya dengan menaati aturan perusahaan, menghormati rekan kerja, serta bertanggung jawab atas kesalahan yang dibuat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini