Share

11 Kriteria Sumber Daya Manusia Indonesia yang Berkualitas, Apa Saja?

Alyssa Nazira, Okezone · Kamis 24 Maret 2022 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 24 624 2566992 11-kriteria-sumber-daya-manusia-indonesia-yang-berkualitas-apa-saja-fZLwTXTkjy.jpg Kriteria sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Kriteria sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas akan mempengaruhi pembangunan. Karena itu, pengembangan SDM adalah bagian dari proses dan tujuan dalam pembangunan nasional Indonesia.

Oleh karena itu, pikiran-pikiran pembangunan yang berkembang di Indonesia ini sangat dipengaruhi oleh kesadaran yang makin kuat akan tidak terhindarnya keikutsertaan bangsa Indonesia dalam proses global yang sedang berlangsung itu.

Proses ini juga diharapkan dapat membawa keuntungan dan mendorong proses pembangunan nasional.

Pada waktu yang bersamaan, bangsa Indonesia juga menghadapi tantangan untuk mengejar ketertinggalan dari bangsa-bangsa lain yang telah lebih dahulu maju. Oleh karena itu, pembangunan bangsa yang maju dan mandiri, untuk mewujudkan kesejahteraan, mengharuskan dikembangkannya konsep pembangunan yang bertumpu pada manusia dan masyrakatnya.

Atas dasar itu, untuk mencapai tujuan pembangunan yang demikian, titik berat pembangunan diletakkan pada bidang ekonomi dengan kualitas sumber daya manusia.

Dalam buku SDM Berkualitas Mengubah Visi Menjadi Realitas, dijelaskan bahwa kriteria atau ciri-ciri SDM berkualitas adalah:

1. Memiliki pengetahuan penuh tentang tugas, tanggung jawab dan wewenangnya.

2. Memiliki pengetahuan (knowledges) yang diperlukan, terkait dengan pelaksanaan tugasnya secara penuh.

3. Mampu melaksanakan tugas-tugas yang harus dilakukannya karena mempunyai keahlian atau keterampilan yang diperlukan.

4. Bersikap produktif, inovatif atau kreatif, serta mau bekerja sama dengan orang lain, dapat dipercaya, loyal, dan sebagainya.

Sementara menurut Sumardjan dalam Sedarmayani, ialah:

1. Mempunyai kepercayaan atas dirinya sendiri, tidak boleh rendah diri yang menimbulkan sikap pasrah atau menyerah pada nasib, sehingga ia menjadi pasif atau apatis.

2. Mempunyai keinginan yang kuat untuk memperbaiki nasibnya.

3. Mempunyai watak yang dinamis seperti memanfaatkan setiap kesempatan yang menguntungkan dan mampu memecahkan persoalan hidup yang dihadapi.

4. Selalu siap menghadapi perubahan sosial budaya yang terjadi dalam masyarakat.

5. Bersedia dan mampu bekerja sama dengan pihak lain atas dasar pengertian dan penghormatan hak serta kewajiban masing-masing pihak.

6. Mempunyai watak yang bermoral tinggi, antara lain jujur, menepati janji dan peka terhadap hak dan kepentingan pihak lain.

Dapat kita simpulkan, bahwa kriteria sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas adalah:

1. Kreatif

2. Ulet

3. Mandiri

4. Bertanggung jawab

5. Mau menerima kritik dan saran

6. Mempunyai jiwa kompetitif

7. Teliti

8. Rajin

9. Memiliki akhlak yang baik

10. Memiliki keahlian

11. Memiliki kekuatan atau daya tahan tubuh yang baik

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini