Share

Kisah Menarik Mahasiswi Berprestasi UNY Lulus Tanpa Skripsi

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Minggu 13 Maret 2022 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 13 65 2560913 kisah-menarik-mahasiswi-berprestasi-uny-lulus-tanpa-skripsi-MypXQo75Nx.jpg Athi Nur Auliati Rahmah. (Foto: Tangkapan layar laman UNY)

JAKARTA – Umumnya skripsi menjadi syarat kelulusan atau wisuda bagi mahasiswa di perguruan tinggi. Namun, tidak demikian dengan Athi' Nur Auliati Rahmah, seorang mahasiswi berprestasi dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY ).

Mahasiswi yang akrab disampa Athi' itu adalah sarjana pendidikan fisika yang lulus dengan predikat cumlaude 3,4 tahun dengan bebas skripsi melalui Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

BACA JUGA: Raih IPK 4, Ini Cara Belajar Mahasiswa Magister UNY yang Bisa Ditiru

Keberhasilan Athi' untuk diwisuda tanpa skripsi diawali pada 2021 lalu dimana dia dianugerahi medali emas di ajang Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) divisi poster digital yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek.

"Di kemudian hari, prestasi ini diapresiasi kampus saya UNY sebagai RPL, sehingga aku bisa wisuda tanpa skripsi," tutur Athi' yang juga Mapres 1 Sarjana UNY 2021 melansir laman resmi UNY, Sabtu (12/3/2022).

BACA JUGA: Mahasiswa UNY Rancang Transportasi Ramah Lingkungan

Medali emas LIDM pun tidak menghentikan dirinya untuk terus mendulang berprestasi. Sambil menunggu proses konversi skripsi dari pelaporan LIDM, Athi' kembali mendapat Juara 1 Talent Challenge dalam acara Persembahan Puncak Prestasi Talenta Indonesia akhir tahun 2021 yang juga diselenggarakan oleh Puspresnas.

Karya desain poster itu pun dia langsung kirim dalam ajang LIDM yang mengusung topik kesetaraan gender dan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek.

Karya ini digubah dari artikel ilmiah yang sebelumnya dia susun dari pengabdian program Kampus Mengajar Angkatan 1 di pelosok Madura yang diselenggarakan Kampus Mengajar, salah satu program MBKM Kemendikbudristek.

Atas prestasinya itu, Athi' mengucapkan terima kasih kepada dosen, tenaga pendidik, birokrasi, dan civitas akademik yang telah memfasilitasinya untuk mengikuti kegiatan-kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sebab dari para dosen dan peran penting semua pihak di kampusnya tersebut, dia pun telah mendapat berbagai ilmu dan pengalaman berharga untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini