Share

10 PTN-PTS Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2022, Kampus Pilihanmu Ada Tidak?

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Sabtu 12 Maret 2022 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 12 65 2560526 10-ptn-pts-terbaik-indonesia-versi-webometrics-2022-kampus-pilihanmu-ada-tidak-WWSKBtDPTh.jpg Universitas Indonesia (UI) (Foto: Okezone)

JAKARTA – Calon mahasiswa bisa menggunakan ranking atau urutan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia untuk memilih kampus yang diinginkan.

Seperti ranking yang dilakukan pemeringkatan Webometrics yang dapat digunakan sebagai tambahan informasi untuk memperkaya sudut pandang dalam memilih kampus untuk menempuh kuliah. Ini adalah 10 perguruan tinggi negeri dan swasta di Tanah Air yang masuk Webometrics 2022.

Salah satu pemeringkatan atau penyusunan ranking universitas di dunia dilakukan oleh Cybermetrics Lab, sebuah badan penelitian publik di Spanyol.

Dikenal sebagai Webometrics Ranking of World Universities, pemeringkatan dilakukan berbasis web universitas. Webometrics memakai kriteria tertentu sebagai standar acuan untuk menentukan siapa yang berada pada peringkat pertama, kedua, dan seterusnya.

Baca juga: Sebelum Daftar SNMPTN, Cek 25 Universitas Terbaik versi Webometrik 2022

Saat ini ada tiga indikator yang diterapkan dalam pemeringkatan Webometrics: - Visibility, yaitu jumlah subnet yang memiliki link kepada laman web institusi, memiliki bobot 50% - Transparansi, yaitu jumlah kutipan dari 210 peneliti terbaik, memiliki bobot 10% - Excellence, yaitu jumlah naskah yang paling sering dikutip periode 2015 – 2019, memiliki bobot 40%.

Baca juga: 15 PTN Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2022

Indikator-indikator di atas digunakan juga untuk menyusun tak hanya ranking universitas negeri, tetapi juga ranking universitas swasta di Indonesia.

Melansir dari laman Akupintar, berikut ini sepuluh kampus terbaik PTN dan juga PTS di Indonesia versi Webometrics 2022.

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas negeri dengan akreditasi A BAN-PT ini berada di urutan ke-649 Webometrics.

Berlokasi di kawasan Depok, Jawa Barat, UI hadir sebagai kampus yang modern, komprehensif, terbuka, multi budaya dan humanis dengan disiplin ilmu yang luas.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM juga mengantongi akreditasi A BAN-PT. Runner up universitas negeri terbaik di Indonesia ini berada di urutan ke -859 Webometrics.

UGM adalah universitas pertama yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia setelah kemerdekaan. Lokasi kampus ini berada di wilayah Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

3. Universitas Brawijaya (UB)

UB di Kota Malang, Jawa Timur ini telah terakreditasi Unggul BAN-PT. Selain akreditasi institusi tersebut, UB juga meraih beberapa akreditasi lain seperti akreditasi A IATUL untuk perpustakaan, ACCA untuk Prodi Akuntansi, serta IFT untuk Prodi Teknologi Hasil Pertanian. Pada 2022 ini, peringkat Webometrics UB berada di urutan ke-956.

4. IPB University

IPB berada di ranking 1028 Webometrics. IPB merupakan perguruan tinggi di Indonesia yang paling banyak melakukan inovasi dalam kurun waktu 2008-2018 menurut penilaian Business Innovation Center Kemenristekdikti. Tak heran bila kampus negeri di Kota Bogor, Jawa Barat, ini juga meraih akreditasi A BAN-PT.

5. Universitas Airlangga (Unair)

Menjadi satu dari 10 terbaik perguruan tinggi di Indonesia versi Webometrics, tepatnya di urutan ke-1097, tentu saja Unair juga memiliki akreditasi A BAN-PT. Salah satu universitas negeri kebanggaan Kota Surabaya, Jawa Timur, ini menaungi 14 fakultas S1, satu fakultas S2, satu fakultas vokasi, dan satu program studi di luar kampus utama.

6. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

Memiliki akreditasi A di dalam negeri, UNS berada di urutan ke-1144 Webometrics. Kampus UNS berlokasi Kota Surakarta, Jawa Tengah, menaungi 11 fakultas S1 dan satu fakultas S2.

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

ITS menduduki ranking 1221 dalam daftar Webometrics 2022. Bersama Unair, ITS juga menjadi kebanggaan Kota Surabaya, Jawa Timur. Akreditasi institusinya A, yang terdiri dari Kampus Sukolilo, Kampus Manyar untuk D3 dan D4 Teknik Sipil, dan Kampus Cokroaminoto untuk Prodi Magister Manajemen.

8. Telkom University

Ini dia, satu-satunya universitas swasta dalam 10 besar Webometrics 2022 di Indonesia dengan akreditasi Unggul Ban-PT. Kampus swasta terbaik ini pada awalnya berdiri sebagai gabungan dari empat perguruan tinggi swasta, yakni Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom), Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), dan Politeknik Telkom.

9. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB meraih akreditasi Unggul BAN-PT dan berada di urutan ke-1550 Webometrics. Ganesa adalah kampus utamanya, yang memang terletak di kawasan Ganesha, Kota Bandung, Jawa Barat. Dua kampus lainnya berada di Jatinangor dan Cirebon.

10. Universitas Lampung (Unila)

Universitas negeri di Kota Bandar Lampung ini terakreditasi A BAN-PT dan berada di urutan ke-1817 Webometrics. Berdiri pada tahun 1965, Unila memiliki reputasi sebagai universitas negeri tertua dan pertama di Lampung. Pemeringkatan PTN dan PTS terbaik di Indonesia di atas dilakukan dengan berbagai kriteria atau indikator. Bukan berarti ranking universitas di Indonesia yang satu lebih baik dari yang lain. Bukan pula berarti suatu pemeringkatan menjadi satu-satunya acuan yang kita gunakan untuk memilih kampus kuliah.

Informasi peringkat PTN dan PTS, seperti yang disajikan Webometrics, dapat digunakan sebagai tambahan sudut pandang memilih tempat kuliah. Karena semakin banyak dan baik informasi yang kita peroleh, harapannya semakin tepat dan baik pula keputusan yang dapat kita ambil, apalagi saat harus memutuskan tempat menuntut ilmu.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini