Share

Daftar Negara dengan Minat Baca Paling Tinggi, Bagaimana dengan Indonesia?

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 27 Februari 2022 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 624 2552022 daftar-negara-dengan-minat-baca-paling-tinggi-bagaimana-dengan-indonesia-hJ9hEZew5U.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Membaca merupakan aspek penting bagi kemajuan sebuah negara. Semakin tinggi minat membaca yang dimiliki penduduknya, maka akan semakin tinggi pula kemajuan yang dicapai negara. Lewat membaca, ilmu pengetahuan dan teknologi akan mudah dikuasai.

Ada beberapa indikator yang bisa diperhatikan dalam mengukur minat baca. Dalam artikel bertajuk ‘Hubungan Minat Baca dengan Efikasi Diri di Kalangan Mahasiswa Universitas Airlangga’, disebutkan bahwa salah satu indikator minat baca adalah frekuensi seseorang ketika membaca bahan bacaan pada periode tertentu.

Artinya, lama waktu membaca juga bisa dijadikan indikator dalam menentukan minat baca. Lantas, terkait lama membaca, negara mana saja yang masyarakatnya memiliki minat baca tinggi? Berikut daftarnya.

• India

Masyarakat India rata-rata menghabiskan waktunya untuk membaca sebanyak 10 jam 42 menit per minggu. Sebagian besar, mereka membaca informasi daring melalui perangkat elektronik.

• Thailand

Tak berbeda jauh dengan India, masyarakat Thailand menghabiskan waktu selama 9 jam 24 menit dalam seminggu untuk membaca. Sekitar 88% warga negeri Gajah Putih itu meluangkan waktunya selama 28 menit per hari untuk membaca buku fisik atau tercetak. Namun demikian, masyarakat yang membaca buku tercetak terus mengalami penurunan jika dibandingkan dengan buku digital.

• Tiongkok

Di Tiongkok, rata-rata masyarakatnya menghabiskan waktu 8 jam dalam seminggu untuk membaca. Negara ini memiliki tingkat melek huruf mencapai 96,4%, lebih tinggi dari rata-rata global yakni 86,3%. Dari rata-rata waktu tersebut, masyarakatnya menghabiskan waktu 11 menit per hari untuk membaca koran dan majalah.

• Finlandia

Masyarakat Finlandia menghabiskan rata-rata 21 menit per hari untuk membaca buku. Di negara tersebut juga banyak terdapat perpustakaan umum dan perpustakaan universitas. Satu hal yang membuat minat baca di Finlandia tinggi adalah kegiatan membaca telah mendarah daging bagi warga Finlandia. Bahkan, telah menjadi budaya yang dijalankan oleh hampir semua orang.

• Norwegia

Dalam sehari, rata-rata masyarakat Norwegia membaca buku selama 13 menit. Hal menarik dari negara ini adalah aktivitas dan gaya hidup masyarakatnya yang paling banyak dihabiskan untuk belajar dan bekerja. Sementara itu, rata-rata hari kerja masyarakat Norwegia adalah 5 hari per minggu, dengan durasi kerja selama 7,5 jam per hari.

*Melansir dari berbagai sumber,

Maria Alexandra Fedho/Litbang MPI

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini