Share

Nadiem Makarim: Bahasa Daerah Jangan Sampai Punah!

Bachtiar Rojab, MNC Media · Selasa 22 Februari 2022 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 22 623 2551152 nadiem-makarim-bahasa-daerah-jangan-sampai-punah-faXFkk7T5q.jpg Mendikbudristek RI, Nadiem Makarim (foto: ist)

JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menekankan, pentingnya melestarikan bahasa daerah sebagai identitas bangsa.

Nadiem mengatakan, bahasa daerah merupakan salah satu aset kebhinekaan, yang mencerminkan kekayaan dan kebudayaan bangsa Indonesia.

"Itu adalah khazanah kekayaan kita, kekayaan terbesar kita adalah kekayaan kebhinekaan kebudayaan," ujar Nadiem dalam acara Merdeka Belajar episode 17, bertajuk 'Revitalisasi Bahasa Daerah', Selasa (22/2/2022).

Nadiem menyinggung, jika bahasa daerah satu persatu terancam punah, maka identitas Indonesia sebagai bangsa yang kaya akan bahasa dan budaya juga akan ikut terkikis.

"Kalau bahasa daerah kita punah, itu berarti kita kehilangan identitas kita, kehilangan kebhinekaan itu," ucap Nadiem.

Baca juga: Penerimaan Maba Terimbas Kebijakaan, Kemendikbudristek: Kita Sesuaikan

Menurutnya, hal tersebut tidak hanya berdampak bagi identitas bangsa Indonesia namun akan berdampak lebih besar, yakni sejarah dan kearifan lokal yang juga hilang.

"Kita hilang bukan hanya sejarah, kita hilang semua jenis kearifan lokal," katanya.

Nadiem menyebutkan, Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan kepemilikan bahasa daerah terbanyak di dunia.

Baca juga: Kurikulum Merdeka, Cara Nadiem Susul Ketinggalan Pembelajaran saat Pandemi

"Ada sekitar 718 bahasa daerah, ini sungguh suatu hal yang luar biasa, sangat unik indonesia di panggung dunia," ucap Nadiem.

Ia pun mengimbau agar masyarakat terus berupaya mempertahankan bahasa daerah, karena bahasa daerah merupakan identitas dari bangsa Indonesia.

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini