Share

Begini Nilai-Nilai Persatuan Indonesia, Sila Ketiga Pancasila

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Kamis 17 Februari 2022 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 17 65 2548665 begini-nilai-nilai-persatuan-indonesia-sila-ketiga-pancasila-cQtvxPFg0T.jpg Indonesia negara yang miliki keberagaman (Foto: ist)

JAKARTA - Nilai Persatuan Indonesia termasuk salah satu nilai Pancasila yang wajib dijunjung tinggi. Terlebih, Indonesia termasuk negara kepulauan yang memiliki beragam, suku, ras, dan agama.

Dengan keanekaragaman yang ada, Persatuan di seluruh rakyat Indonesia menjadi kekuatan dasar dalam mempertahankan keamanan dan menjaga pertahanan Indonesia dari ancaman, baik dari dalam maupun luar negeri.

Penerapan nilai Persatuan Indonesia sendiri dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan rumah maupun lingkungan sekitar.

Lantas, bagaimana simbol dan bentuk penerapan nilai sila ketiga tersebut? Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Wapres Ingatkan Indonesia Negara Majemuk, Rentan Aliran Ekstremisme

Simbol Sila Ketiga: Persatuan Indonesia

Mengutip buku BPSC Modul PPKn SD/MI Kelas IV karya Sukamti, sila ketiga dalam Pancasila dilambangkan dengan pohon beringin. Perlambangan ini dimaksudkan sebagai cerminan kesatuan dan persatuan Indonesia.

Baca juga: Pancasila sebagai Satu Kesatuan yang Utuh

Pasalnya pohon beringin memiliki akar tunggal panjang yang menunjang pohon ini tumbuh sangat dalam ke tanah. Tak hanya itu, akar yang menjalar ke segala arah memberikan filosofi tersendiri.

Yakni, akar menjalar menunjukkan keberagaman rakyat Indonesia, dari ragam budaya, agama, adat istiadat, suku dan lain-lain. Selain itu, akar menjalar juga menunjukkan ke mana pun rakyat Indonesia pergi ke seluruh Indonesia, akan tetap kembali ke Indonesia dan bersama bersatu mencapai tujuan bersama.

Follow Berita Okezone di Google News

Penerapan Nilai Persatuan Indonesia

Penerapan nilai sila ketiga pancasila dalam kehidupan sehari-hari tentunya beragam. Adapun contoh penerapannya, sebagai berikut:

Cinta dan bangga terhadap tanah air untuk menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia,

Sanggup dan rela berkorban demi kehormatan bangsa dan negara Indonesia,

Menggunakan Bahasa Indonesia dalam pergaulan sehari-hari,

Menanamkan rasa bangga dan cinta terhadap kebudayaan yang ada di seluruh Indonesia,

Menghargai dan mencintai produk-produk dalam negeri agar perekonomian di dalam negara lebih maju,

Berusaha untuk menghasilkan prestasi yang dapat membanggakan bangsa Indonesia, baik di tingkat nasional maupun Internasional,

Menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, dan

Menghargai keberagaman dalam masyarakat Indonesia, seperti ras, suku, agama, dan kebudayaan yang ada.

Demikian simbol dan penerapan sila ketiga pancasila. Penjelasan di atas dapat digunakan sebagai acuan orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah.

Baca juga: Nilai Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab serta Implementasinya

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini