Share

5 Pekerjaan Keren bagi Lulusan Ilmu Komunikasi, dari Content Creator hingga Wartawan

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 19 Februari 2022 08:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 17 65 2548646 5-pekerjaan-keren-bagi-lulusan-ilmu-komunikasi-dari-content-creator-hingga-wartawan-VV3uL6Kxdt.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Jurusan ilmu komunikasi merupakan salah satu program studi favorit di setiap universitas. Terlebih di universitas-universitas negeri yang peminatnya bisa mencapai hingga ribuan orang, sementara kapasitas yang diterima jurusan ini hanya puluhan orang.

Prospek kerja dari lulusan ilmu komunikasi juga sangat menjanjikan. Ini deretan pekerjaan untuk lulusan ilmu komunikasi.

• Content Creator

Di era industri 4.0 ini, perkembangan teknologi semakin canggih. Berbagai platform media sosial juga tersedia dan bisa dimanfaatkan sebagai media untuk memasarkan atau menginformasikan sesuatu. Sebut saja, YouTube, Podcast , Instagram dan lainnya.

Orang yang berperan dalam memproduksi materi informasi di media digital disebut content creator. Lulusan ilmu komunikasi akan sangat mudah menjadi seorang content creator karena saat di kuliah telah terbiasa mencari ide lalu menuangkannya menjadi tulisan, entah itu tulisan di bidang jurnalistik, periklanan, atau kehumasan.

• Jurnalis atau Reporter

Ilmu komunikasi lekat dengan mata kuliah yang bersinggungan dengan dunia jurnalistik. Mahasiwa ilmu komunikasi memperoleh pelajaran mengenai cara menulis artikel dan memproduksi berita. Tak hanya itu, di jurusan ini juga akan diajarkan cara berkomunikasi yang baik, yang secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan komunikasi maupun keterampilan menulis.

Kedua kemampuan inilah yang diperlukan untuk menjadi jurnalis atau reporter. Lulusan ilmu komunikasi dapat bergabung dengan perusahaan media dan memulai kariernya sebagai jurnalis.

• Public Relations atau Humas

Setiap perusahaan pasti membutuhkan tenaga public relations. Public relations atau yang dikenal juga dengan hubungan masyarakat memiliki tugas membina hubungan yang baik antara perusahaan dan publik.

Selain menyampaikan informasi, humas berperan dalam membangun komunikasi dua arah. Saat kuliah, mahasiswa ilmu komunikasi akan mempelajari hal-hal terkait kehumasan, sehingga dapat memilih pekerjaan ini ketika lulus.

• Bidang Periklanan

Bidang pekerjaan yang dapat digeluti oleh lulusan ilmu komunikasi adalah periklanan. Kegiatan periklanan sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan untuk mengenalkan citra suatu merek produk.

Untuk memproduksi sebuah iklan, diperlukan kemampuan komunikasi yang baik agar para calon konsumen tertarik dengan produk yag ditawarkan. Iklan yang efektif menjadi penentu dalam suksesnya promosi produk.

• Penulis

Kemampuan merangkai kata dan informasi yang didapatkan saat kuliah di program studi ilmu komunikasi membuat lulusannya sangat cocok untuk menjadi seorang penulis. Banyak bidang penulisan yang bisa dipilih, mulai dari penulis bidang akademis, bisnis, hingga penulis kreatif.

Menjadi seorang penulis ini bisa dilakukan di blog maupun media lain dalam bentuk berita, artikel, atau karangan cerita.

*Melansir dari berbagai sumber,

Maria Alexandra Fedho/Litbang MPI

 

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini