Share

4 Ahli Matematika Paling Terkenal di Dunia, Siapa Saja?

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 07 Februari 2022 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 04 624 2542359 4-ahli-matematika-paling-terkenal-di-dunia-siapa-saja-1HJ42w94Nf.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Banyak ilmuwan dalam bidang matematika menciptakan teori atau konsep yang berperan dalam kemajuan informasi dan teknologi dan informasi. Berikut beberapa ahli matematika paling terkenal di dunia.

• Leonhard Euler

Leonhard Euler merupakan seorang matematikawan dan fisikawan dari Swiss. Ia lahir di Basel, 15 April 1707 dan menghabiskan masa dewasanya di St. Petersburg, Rusia serta di Berlin. Ia dianggap sebagai matematikawan unggulan pada masa zaman ke-18 dan salah satu matematikawan terhebat yang pernah ada.

Euler menciptakan penemuan yang beragam seperti kalkulus dan teori graf. Ia juga mengenalkan banyak notasi dan terminologi matematika modern, terutama kepada analisis matematika, seperti konsep fungsi matematika. Ia terkenal karena karyanya dalam mekanika, dinamika fluida, optik, dan astronomi.

• Phytagoras

Merupakan seorang ahli matematikawan dari Yunani yang lahir sekitar 570 SM. Teorinya yang paling terkenal ialah Phytagoras dalam trigonometri. Dua orang filsuf yang memengaruhi teori Phytagoras adalah Thales dan Anaximander. Phytagoras mendirikan sekolah filsafat dan agama di Croton dan memiliki banyak pengikut.

Ia merupakan kepala masyarakat dengan pengikut yang dikenal dengan sebutan “mathematikoi”. Phytagoras juga menghasilkan teori musik sehingga dikenal sebagai penemu skala Diantonis.

•Archimedes

Merupakan seorang matematikawan, fisikawan, insinyur, dan astronom asal Yunani yang terkenal. Archimedes lahir di Sisilia, Italia pada 287 SM. Ia menemukan konsep ketakhinggaan yang merupakan bahan dasar kalkulus integral, selain juga menemukan prinsip matematis tuas yang merupakan sebuah sistem katrol yang didemonstrasikannya dengan menarik sebuah kapal.

Archimedes juga merupakan seorang fisikawan dengan penemuan-penemuannya yang kemudian dikenal sebagai “Hukum Archimedes”. Hukum tersebut berisikan teori jika benda dicelupkan pada suatu zat cair, maka benda akan mendapatkan gaya ke atas yang besarnya sama dengan gaya yang dipindahkan.

•Terry Tao

Merupakan seorang matematikawan keturunan China yang tinggal di Amerika Serikat. Saat muda, ia pernah mendapatkan medali di Olimpiade Matematika Nasional dan berhasil menyelesaikan tesis master  pada usia 17 dan pindah ke Universitas Princeton untuk mengambil gelar Ph.D. Ia membuktikan teorema bahwa selalu ada barisan aritmetika berisi bilangan prima dengan panjang berapa pun.

*dilansir dari berbagai sumber,

Maria Alexandra Fedho/ Litbang MPI

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini