Share

Hebat! 5 Siswa Ini Raih Poin Sempurna di Ujian Nasional, Nilai Matematika 100

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 15 Januari 2022 10:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 624 2531054 hebat-5-siswa-ini-raih-poin-sempurna-di-ujian-nasional-nilai-matematika-100-fDgBCKphJd.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Siswa yang raih poin sempurna di ujian nasional tentu menjadi kebanggaan sekolah dan inspirasi bagi siswa lainnya. Pasalnya, tak banyak siswa yang mampu meraih prestasi ini. Siapa saja mereka?

Berikut beberapa siswa yang mampu meraih poin sempurna di ujian nasional, yang dihimpun Litbang MPI.

1. Ananda Hafidh Rifai Kusnanto

Ananda Hafidh Rifai Kusnanto berhasil meraih nilai sempurna di Ujian Nasional (UN) 2019. Dia memperoleh nilai 100 untuk masing-masing mata pelajaran matematika, fisika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris.

Hafidh merupakan siswa asal SMAN 4 Surakarta. Pemuda kelahiran 11 Oktober 2001 ini mengaku tidak memiliki cara khusus dalam belajar. Dia hanya mengoptimalkan waktu luangnya untuk belajar. Selain itu, dia banyak mengerjakan tes latihan UN untuk mengasah pengetahuannya.

Hal penting yang dilakukan Hafidh adalah tidak sekadar menghafalkan rumus, namun juga berusaha memahami konsep yang ada. Diketahui, Hafidh merupakan anak yatim dan sebelumnya tidak pernah mengikuti bimbingan belajar.

Baca juga: Nilai Rata-Rata Rapor SNMPTN Unpad, Perhatikan Agar Bisa Kuliah di Bandung!


Baca juga: Ini 7 Cara Ajari Anak SD Belajar Berhitung Cepat

2. Ninda Maghfira

Seorang siswi SMA Negeri 1 Depok berhasil memperoleh nilai tertinggi Ujian Nasional (UN) 2019 se-Provinsi Jawa Barat untuk penjurusan IPS. Siswa itu bernama Ninda Maghfira. Ia meraih nilai 396/400. Di tiga mata pelajaran, yakni matematika, bahasa Inggris, dan ekonomi, mampu disabet Ninda dengan nilai 100.

Ninda mengaku dalam mendapatkan itu semua, ia memiliki tekad untuk senantiasa disiplin, fokus, tekun belajar, dan pandai mengelola waktu. Selain itu, Ninda juga rajin berserah diri kepada Allah SWT.

3. Muhammad Dimas Aditya

Muhammad Dimas Aditya merupakan salah satu siswa MTsN 1 Paser, Kalimantan Timur. Saat kelulusannya di tahun pelajaran 2018/2019, Dimas dinyatakan lulus 100%. Yang paling membanggakan siswa kelahiran Paser Belengkong pada 14 April 2004 adalah nilai sempurna untuk mata pelajaran bahasa Inggris yang diperolehnya.

Dimas menuturkan bahwa apa yang didapatkannya adalah hasil dari kerja keras dan dorongan guru-guru serta doa orang tua selama menuntut ilmu di sekolah.

4. Dipasukha Edbert

Dipasukha Edbert, siswa SMA Kristen Penabur Harapan Indah Kota Bekasi, meraih nilai sempurna (400) pada UN tahun ajaran 2018/2019. Ia menjadi siswa dengan nilai tertinggi untuk SMA jurusan IPA di Jawa Barat. Edbert ternyata tidak mengikuti bimbingan belajar.

Ia hanya berlatih soal-soal dari buku yang disiapkan sekolah. Saat belajar, Edbert mengenyampingkan peralatan elektronik untuk menjaga konsentrasi belajarnya. Selain itu, dia juga tak segan untuk berbagi ilmu kepada teman-temannya.

5. Sulistia Fitriaty

Sulistia Fitriaty masuk ke dalam 10 besar peraih nilai UN tinggi se-Indonesia pada 2014 silam. Siswi SMA 39 Jakarta ini berhasil meraih nilai sempurna untuk mata pelajaran matematika dan fisika.

Sulis dikenal sebagai pribadi sederhana, fokus, santun, dan sopan. Terlebih ia cukup inisiatif dan tidak pelit berbagi ilmu kepada teman-temannya. Meskipun tidak selalu menduduki peringkat pertama di sekolah, namun Sulis selalu masuk ke dalam lima besar.

*Dilansir dari berbagai sumber

Pratitis Nur Kanariyati/Litbang MPI

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini