Share

Mahasiswa UT yang Tidak Mampu dan Berprestasi dari Nias Barat Bisa Raih Beasiswa

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Jum'at 21 Januari 2022 19:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 65 2535721 ut-tingkatkan-layanan-pendidikan-hingga-pelosok-negeri-kerja-sama-dengan-pemkab-nias-barat-PlLyoSIXRm.jpg Rektor UT Prof Ojat Darojat (tengah berpeci) berfoto bersama usai penandatanganan MoU (Foto: Tangkapan layar laman UT)

JAKARTA - Universitas Terbuka (UT) bersama dengan Pemerintah kabupaten (Pemkab) Nias Barat akan membuka Sentra Layanan UT (SALUT) di wilayah tersebut untuk membantu masyarakat khususnya di wilayah pelosok untuk mendapat akses pendidikan tinggi..

Rektor UT Prof Ojat Darojat mengatakan, sentra layanan tersebut akan membantu para mahasiswa yang tinggal di daerah pelosok untuk mendapatkan pendidikan. Program penyaluran beasiswa mahasiswa tidak mampu dan berprestasi di UT dari Pemkab Nias Barat akan membantu mahasiswa dari Nias Barat untuk bisa berkuliah di UT

"Pesan pemerintah kepada UT adalah supaya UT hadir ke masyarakat. Termasuk mereka yang tinggal yang sulit dijangkau oleh perguruan tinggi tatap muka," katanya usai penandatanganan MoU kerjasama UT dengan Pemkab Nias Barat.

Baca juga: UT Menuju PTN-BH: Perubahan Status akan Untungkan Mahasiswa

Ojat menerangkan, sentra layanan UT ini akan melayani proses registrasi mahasiswa di sana. Selain itu, juga akan membantu mahasiswa dalam layanan bantuan belajar. Kemudian juga akan menjadi lokasi ujian mahasiswa.

Ojat menerangkan, sudah banyak mahasiswa dari Nias Barat yang saat ini aktif kuliah di UT. Dia pun berharap, akan semakin banyak masyarakat Nias Barat yang bisa kuliah sehingga bisa meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Tinggi di Nias Barat.

Baca juga: Mantap! UT Luncurkan Aplikasi Operasional Kampus Terintegrasi 

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu mengatakan, adanya kerjasama pihaknya dengan UT akan sangat membantu meningkatkan kualitas SDM di wilayahnya. "Dengan kerjasama ini kami harap (kualitas) SDM kami bisa naik dan itu yang kita kejar," ucapnya.

Dia menjelaskan, keberadaan UT di Nias Barat telah membantu banyak guru di sana untuk meraih gelar sarjana. Oleh karena itu, dia mendukung keberadaan sentra layanan ini sehingga semakin banyak masyarakat bisa kuliah dan meningkatkan APK di wilayahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini