Share

Mahasiswa STTAL Buat Drone Pengintai Bertenaga Surya, Bisa Terbang Hingga 12 Jam

Nur Syafei, iNews · Jum'at 21 Januari 2022 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 65 2535699 mahasiswa-sttal-buat-drone-pengintai-bertenaga-surya-bisa-terbang-hingga-12-jam-zTJ1PICDtq.jpg Foto: ANTARA.

SURABAYA - Mahasiswa sekolah tinggi teknik angkatan laut atau STTAL Surabaya berinovasi membuat pesawat tak berawak (drone) pengintai yang menggunakan solar cell atau bertenaga sinar matahari. Kelebihannya menggunakan solar cell ini, pesawat bisa terbang dengan durasi hampir 12 jam.

BACA JUGA: KEREN! Prototipe Senapan Berbasis Android Karya Putra Bangsa

Drone karya tiga prajurit TNI AL dan mahasiswa diploma tiga teknik elektronika STTAL Surabaya ini dirancang sebagai pesawat pengintai musuh. Pesawat ini dilengkapi kamera serta dikendalikan melalui pengontrol jarak jauh (remote).

Pesawat ini diklaim bisa terbang selama 12 jam dengan menggunakan cahaya mahatari.

Setelah melihat hasil karya canggih mahasiswa STTAL Surabaya, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono terpukau dan tertarik untuk dikembangkan karena inovasi mahasiswa sangat bagus dan inovatif.

BACA JUGA: Profil Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut

Hasil karya inovatif para mahasiswa tersebut dibangun sebagai tugas akhir syarat kelulusan di STTAL Surabaya.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Tni Yudo Margono telah menginstruksikan Komandan STTAL untuk mendata produk-produk tersebut untuk selanjutnya didaftarkan ke HAKI, hak kekayaan intelektual. Ke depannya drone ini diharapkan bisa diproduksi dan digunakan sebagai alutsista Republik Indonesia.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini