Share

Buka Penerimaan Mahasiswa Baru PTN, Kemendikbudristek: Pilih Prodi Sesuai Minat dan Bakat

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Selasa 04 Januari 2022 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 65 2527153 buka-penerimaan-mahasiswa-baru-ptn-kemendikbudristek-pilih-prodi-sesuai-minat-dan-bakat-DAgnphLdgh.jpeg

JAKARTA - Penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN) melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dimulai. Kemendikbudristek pun meminta kepada seluruh mahasiswa baru untuk tidak asal-asalan memilih program studi dan PTN yang dituju.

Plt Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek Nizam mengatakan, tahun ini pemerintah akan memulai persiapan penerimaan mahasiswa baru di PTN melalui jalur undangan atau seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN).

BACA JUGA: Kemendikbudristek Tetapkan Vaksin Jadi Kata Terpopuler Tahun Ini

"Kedua jalur tersebut diselenggarakan secara bersama-sama secara nasional oleh LTMPT dan akan diikuti oleh seluruh PTN baik akademik, vokasi dan 11 PTN dibawah Kemenag," katanya pada peluncuran penerimaan mahasiswa baru PTN 2022 di Jakarta, Selasa (4/1/2022).

Nizam mengatakan, pada penerimaan mahasiswa baru 2021 berjalan lancar dan tanpa ada masalah berarti. Selain itu, meskipun berlangsung di tengah pandemi namun tes dilakukan luring dan tidak terjadi klaster Covid-19.

"Kita berharap meski kondisi penularan sangat rendah tetapi harus tetap waspada dan berhati-hati," harap Nizam mengenai pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru di 2022 ini.

BACA JUGA: SNMPTN 2022, Ini Perbedaan Registrasi Akun LTMPT Dibandingkan 2021

Nizam juga berharap, pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru di PTN ini akan sukses membawa peserta didik dari SMA dan sederajat untuk mendapat pilihan prodi yang paling sesuai dengan pilihan mereka.

"Selain itu juga paling cocok berdasarkan minat, bakat dan potensi masing-masing," terang Nizam.

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto juga berharap, siswa yang akan mendaftar di PTN nanti akan mendaftar dan memilih prodi dan PTN sesuai dengan passion, minat dan bakat.

"Ini yang ingin kami sampaikan betul bahwa memilih prodi tidak semata-mata ikut-ikutan. Itu prodi favorit ternyata ikutan saja, tapi ternyata passionnya tidak di situ," ujar Wikan.

Dia meminta, siswa dan juga orang tua bisa lebih memahami dalam memilih program studi. Yakni yang sesuai minat dan bakat. Selain itu juga tahu ingin menjalani profesi apa di masa depannya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini