Share

Kemendikbudristek Tetapkan Vaksin Jadi Kata Terpopuler Tahun Ini

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Selasa 28 Desember 2021 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 28 623 2523980 kemendikbudristek-tetapkan-vaksin-jadi-kata-terpopuler-tahun-ini-9ZyuEyuaWR.jpg foto: istimewa

JAKARTA - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kemendikbudristek menetapkan kata vaksin sebagai Kata Tahun Ini (KTI) 2021. Vaksin dinilai sebagai kata yang populer di tengah masyarakat dan menunjukkan fenomena yang paling mendominasi pada tahun ini.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek Prof Endang Aminudin Aziz mengatakan, KTI telah dikembangkan Badan Bahasa sejak 3 tahun terakhir.

KTI sendiri merupakan kata atau istilah yang ada dalam KBBI dan dipilih karena dapat mewakili fenomena yang paling mendominasi sepanjang 2021.

"Sejalan dengan gencarnya pemerintah melakukan vaksinasi, banyak masyarakat yang menggunakan kata ini dalam kesehariannya. Fenomena ini membuat kata vaksin sering digunakan sepanjang tahun,” katanya dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (28/12/2021).

Setelah milenial yang ditetapkan pada KTI 2019 dan pandemi sebagai KTI 2020, Badan Bahasa menetapkan vaksin sebagai Kata Tahun Ini (KTI) 2021. Vaksin bukanlah kata baru. Di KBBI vaksin sudah muncul sejak edisi pertama.

Baca juga: Kemendikbudristek Minta Perguruan Tinggi Bentuk Satgas PPKS

Kata vaksin sebagai KTI 2021 ini bersaing dengan kata 5 kata lain. Yakni infodemik, krisis iklim/darurat iklim, krofel, lokapasar, dan presidensi.

Baca juga: Kemendikbudristek Pastikan Hak Mahasiswa yang Ikuti MBKM Terpenuhi

Kata vaksin ditetapkan sebagai KTI 2021 berdasarkan beberapa pertimbangan. Yaitu popularitas dan penggunaan kata vaksin di berbagai kalangan yang dibuktikan dengan data dari Google Trends serta keluasan distribusinya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dia mengungkapkan, penggunaan kata vaksin itu begitu populer di tengah masyarakat dikaitkan dengan program vaksinasi untuk anak sekolah. Selain itu juga kata vaksin makin populer ketika guru mau mengajar di PTM terbatas syaratnya sudah divaksin. Kata vaksin juga populer tahun ini karena vaksin menjadi syarat bepergian.

Google Trends memperlihatkan dalam satu tahun terakhir, kata ini dibincangkan di 34 provinsi di Indonesia dengan tren kenaikan pada bulan Juli, melandai saat memasuki bulan November dan naik kembali di awal bulan Desember semenjak dibukanya vaksinasi untuk anak-anak.

Topik yang berkaitan dengan pencarian kata vaksin di mesin pencari Google pada tahun ini adalah peduliLindungi, sertifikat vaksin, lokasi vaksin terdekat, efek vaksin, dan jenis-jenis vaksin.

Pembahasan kata vaksin di bidang bahasa ada pada penggunaan imbuhan di- yang menyertai kata ini dalam slogan “Saya sudah divaksin”. Masih banyak penutur bahasa Indonesia yang salah menuliskan kata divaksin menjadi di vaksin.

Dilihat dari segi popularitas, penggunaan, dan distribusinya di seluruh provinsi di Indonesia, kata vaksin merupakan kata yang tepat untuk dijadikan Kata Tahun Ini di tahun 2021. Melalui KTI 2021 ini, Badan Bahasa juga turut mendukung upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Baca juga: Kemendikbudristek Sosialisasikan Kurikulum Prototipe, Solusi Kejar Ketinggalan Belajar saat Pandemi

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini