Share

Program IISMA Diapresiasi Universitas Terbesar di Australia

Tim Okezone, Okezone · Minggu 19 Desember 2021 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 19 65 2519414 program-iisma-diapresiasi-universitas-terbesar-di-australia-tMA9CK2aQM.jpeg Program IISMA diapresiasi/ ist

MELBOURNE- Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) RI di Canberra, Mukhamad Najib melakukan serangkaian pertemuan dengan beberapa universitas di Victoria, salah satunya dengan the University of Melbourne (UniMelb).

 (Baca juga: Teliti Alga Merah sebagai Obat Antivirus, Dua Mahasiswa UNS Sabet Juara 3 KTI Nasional)

Dalam pertemuan dengan Assistant Deputy Vice-Chancellor International, University of Melbourne, Vedi Hadiz, di kampus UniMelb, Najib memperkenalkan salah satu program unggulan pemerintah, yaitu Indonesian International Student Mobility (IISMA).

IISMA merupakan program mobilitas internasional mahasiswa Indonesia yang membuka kesempatan bagi mahasiswa program sarjana dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk mengikuti proses pembelajaran di perguruan tinggi bereputasi manapun di dunia untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan minat dan cita-citanya.

“Tujuan dari program IISMA ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, soft skills, dan pemahaman lintas budaya mahasiswa,” ujar Mukhamad Najib, Minggu (19/12/2021).

Dia berharap, kegiatan ini dapat membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat mengenal dan mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi terkini dan arah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi masa depan.

IISMA juga ditujukan untuk mengembangkan persahabatan dan jejaring mahasiswa peserta dengan mahasiswa, pengajar, maupun masyarakat secara umum di negara tempat mahasiswa melaksanakan program.

“IISMA juga untuk mempersiapkan lulusan perguruan tinggi yang berkualitas, berpikiran terbuka, memiliki pengalaman dan pengetahuan global serta siap menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 dan society 5.0,” ungkapnya.

Lebih jauh Najib menjelaskan, bahwa program IISMA ini diharapkan dapat memperkuat hubungan yang baik antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah negara-negara domisili perguruan tinggi mitra.

Program IISMA sendiri menurut Atdikbud Canberra sudah dimulai pada tahun 2021 ini, namun karena perbatasan Australia ditutup sepanjang tahun 2021, maka tidak ada pengiriman mahasiswa Indonesia ke Australia.

“Pada tahun 2022 pemerintah Indonesia, dalam hal ini kementerian pendidikan, budaya, riset dan teknologi (Kemendikbudristek) mengundang kampus-kampus top dunia untuk bergabung dalam program IISMA, termasuk perguruan tinggi top di Australia,” ujarnya.

Dua universitas terbaik di Australia yang diajak bekerjasama dalam program IISMA pada tahun 2022 adalah Australia National University (ANU) dan the University of Melbourne (UniMelb).

“Saya telah bertemu dengan pimpinan ANU bulan lalu untuk menawarkan IISMA dan mereka sangat tertarik, dan saat ini saya tawarkan juga ke UniMelb. Alhamdulillah pimpinan UniMelb juga tertarik. Kedua universitas terbesar di Australia ini sangat positif terhadap tawaran bergabung dalam program IISMA ini,” ulasnya.

“Melihat rekam jejak dan reputasi UniMelb di tingkat nasional dan internasional yang sangat baik, maka akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa Indonesia untuk bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dari universitas ini. Semoga tahun 2022 ini akan banyak mahasiswa Indonesia yang bisa diterima di UniMelb dan juga ANU”, tutup Najib.

Sementara itu, Assistant Deputy Vice-Chancellor International, Vedi Hadiz menambahkan, bahwa kegiatan ini memberi peluang bagi mahasiswa Indonesia untuk memiliki pengalaman belajar di Australia.

“Program IISMA sedang dibicarakan di tingkat rektorat dan tanggapannya sangat positif sampai saat ini” ujar Vedi yang juga director Asian Institute UniMelb ini,”ujarnya.

Mengenai tindak lanjut dari tawaran program IISMA sendiri menurut Vedi kemungkinan baru akan dimulai awal tahun baru karena minggu depan kampus sudah mulai libur.

Sebagaimana diketahui bahwa the University of Melbourne merupakan salah satu universitas yang tertua di Australia yang telah berdiri lebih dari 150 tahun lalu. Pada tahun 2021 universitas ini mendapatkan rangking 1 di Australia dan rangking ke 33 di dunia.

Berdasarkan QS World University Rankings, terdapat 14 subjek dari UniMelb yang masuk dalam top 20 secara internasional, diantaranya dalam bidang bisnis dan manajemen, biologi, kimia, ilmu computer, pendidikan dan lain-lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini