Share

Resmikan Cyber Security Hub, Plt Dirjen Diktiristek:Talenta Digital Bidang Keamanan Siber Perlu Disiapkan

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Jum'at 17 Desember 2021 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 17 65 2518634 resmikan-cyber-security-hub-plt-dirjen-diktiristek-talenta-digital-bidang-keamanan-siber-perlu-disiapkan-YImfOD5AER.jpg Ilustrasi keamanan siber (Foto: Tech Patro)

JAKARTA - Pelaksana tugas Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Nizam bersama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Jamal Wiwoho telah meresmikan penggunaan fasilitas Cyber Security Hub di Solo Techno Park.

Nizam menjelaskan, pembangunan fasilitas Cyber Security Hub ini merupakan upaya akselerasi pembentukan talenta digital di bidang keamanan siber. Hal ini dilakukan karena kebutuhan SDM di bidang keamanan siber sangat besar namun lulusan dengan kompetensi keamanan siber masih sangat terbatas.

“Kebutuhan akan ahli, pakar, maupun teknisi yang memiliki kompetensi di bidang keamanan siber sangat besar. Perlu akselerasi melalui berbagai pelatihan maupun program sertifikasi untuk penyiapan talenta digital bidang keamanan siber," katanya melalui siaran pers, Jumat (17/12/2021).

Baca juga: Kemendikbudristek Angkat Pamor Produk SMK Gelar Pameran TEFA 2021 

Lebih lanjut Nizam menjelaskan, semakin masifnya penggunaan internet di setiap lini kehidupan juga meningkatkan jumlah kejahatan di dunia maya. Nizam mengungkapkan, setiap hari terjadi jutaan serangan siber baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Kondisi ini tentunya membutuhkan SDM yang kompeten di bidang keamanan siber untuk menangkal dan mengatasi berbagai bentuk untuk kejahatan di dunia maya.

Baca juga: Kemendikbudristek Larang Sekolah Tambah Waktu Libur Nataru

Nizam memandang fasilitas Cyber Security Hub yang dibangun di Solo Techno Park ini memiliki 3 fungsi penting. Pertama, sebagai sarana edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya keamanan data dan informasi di dunia maya.

Kedua, sebagai sarana pelatihan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia di bidang keamanan siber. Ketiga, sebagai sarana riset dan pengembangan inovasi di bidang keamanan siber.

“Tahun ini ada 10.000 talenta-talenta digital yang telah dihasilkan melalui pelatihan baik daring maupun luring. Kita proyeksikan meningkat di tahun-tahun mendatang," ungkap Nizam.

Nizam berharap fasilitas Cyber Security Hub ini dapat menjadi pusat unggulan nasional dalam penyiapan dan pengembangan kompetensi di bidang keamanan siber.

“Ke depan harapannya Cyber Security Hub ini dapat menjadi center of excellent nasional dalam pengembangan maupun riset bidang keamanan siber di Indonesia," harap Nizam.

Pada kesempatan sama, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyambut baik adanya fasilitas Cyber Security Hub di Solo Techno Park. Gibran memandang kompetensi di bidang keamanan siber sangat dibutuhkan di setiap sektor baik swasta maupun pemerintahan.

Gibran mengajak masyarakat memanfaatkan fasilitas ini. “Ini adalah peluang. Masyarakat bisa mengikuti berbagai program pelatihan maupun sertifikasi bidang keamanan siber. Setiap sektor baik swasta maupun pemerintahan membutuhkan ahli yang kompeten di bidang keamanan siber,” pungkasnya.

Rektor UNS, Jamal Wiwoho juga menyambut baik pembangunan fasilitas Cyber Security Hub. Jamal melihat bahwa keamanan siber merupakan isu krusial di tengah perkembangan teknologi komunikasi dan informasi di era revolusi industri 4.0.

Jamal menilai, dengan adanya talenta-talenta di bidang keamanan siber dapat menangkal dan meminimalisasi dampak kejahatan di dunia siber. Selain itu kemampuan keamanan siber juga bermanfaat untuk melindungi berbagai data sensitif dari berbagai bentuk akses ilegal.

Jamal juga memandang perlunya instrumen legal formal dalam bidang keamanan siber. Untuk itu perlu adanya percepatan pengesahan undang-undang tentang perlindungan data pribadi.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini