Share

Paling Menderita, Anak Pengungsi Korban Gunung Semeru Perlu Pendampingan Khusus

Aan haryono, Koran SI · Senin 13 Desember 2021 13:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 13 624 2516210 paling-menderita-anak-pengungsi-korban-gunung-semeru-perlu-pendampingan-khusus-oFCYzEKTee.jpg Anak-anak korban Gunung Semeru/ MPI

SURABAYA – Ribuan warga terdampak erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang masih mengungsi di sejumlah lokasi. Banyak dari pengungsi adalah anak-anak. Oleh karena itu, diperlukan pendampingan khusus. Anak-anak tersebut harus dipastikan tetap ceria dalam situasi bencana yang masih melanda.

(Baca juga: Mengenang Soe Hok Gie dan Idhan Lubis yang Meninggal Dalam Dekapan Semeru)

Sosiolog Universitas Airlangga Surabaya Prof Bagong Suyanto menuturkan, anak-anak pengungsi tidak hanya butuh fasilitas fisik dan pendidikan, tapi juga pendampingan untuk rehabilitasi psikologisnya.

(Baca juga: Awas! Guguran Awan Panas dan Lahar Semeru Berjarak Pendek)

"Kebutuhan anak untuk bermain perlu difasilitasi," kata Prof Bagong, Minggu (12/12/2021).

Ia melanjutkan, anak korban dari letusan Gunung Semeru pertama yang paling menderita ketika terjadi bencana. Sehingga butuh pendampingan khusus guna mengembalikan kondisi psikisnya.

"Mereka perlu tetap dipenuhi hak-haknya sebagai anak," ungkapnya.

Ia menambahkan, anak-anak juga harus dipastikan sehat dan tetap bisa belajar. Mereka juga bisa bermain dalam dunianya yang penuh keceriaan,” tutupnya.

(fmi)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini