Share

4 Kisah 'Air Mata' Saat Wisuda, Ada Ayah Menangis Gantikan Putrinya yang Meninggal

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 10 Desember 2021 08:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 65 2514570 4-kisah-air-mata-saat-wisuda-ada-ayah-menangis-gantikan-putrinya-yang-meninggal-DqiwBVrEVx.jpg Ilustrasi wisuda. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Momen wisuda memang merupakan salah satu kejadian bermakna bagi hidup. Perjuangan yang ditempuh seorang mahasiswa dalam menempuh pendidikan akan selesai setelah wisuda dilaksanakan. Kenangan bersama teman tentu akan dirindukan.

Karenanya, tidak jarang rasa haru bahkan tangis meliputi momen ini. Melansir berbagai sumber, berikut berbagai cerita mengenai kisah haru mahasiswa yang menangis ketika wisuda.

Baca juga: Viral, Oknum Guru Honorer Pukul Kepala Sekolah di Depan Murid


Baca juga: Cerita Haru Seorang Mahasiswi yang Berhasil Lulus ketika Ayah Sudah Tiada

• Wisuda di Atas Kasur

Akibat pandemi, kegiatan pembelajaran harus dilakukan secara daring, termasuk pula kegiatan wisuda. Seorang pria berinisial RA terpaksa melaksanakan wisuda secara daring dari kasurnya. Karena tidak memungkinkan diadakannya acara tatap muka, ia menjalani wisuda sambil duduk di atas kasurnya yang terhampar di lantai.

Saat prosesi pemindahan tali toga, ia terlihat sangat sedih bahkan tangisnya pecah. Dalam wisuda daring itu, RA yang merantau demi menuntut ilmu di bangku kuliah, juga tidak ditemani kedua orangtuanya.

• Menangis Karena Tidak Didampingi Orangtua

Adalah sebuah kebahagiaan tersendiri bagi anak jika orangtua bisa turut hadir dalam acara wisudanya. Namun, hal ini tidak bisa dirasakan oleh seorang mahasiswi. Orangtuanya yang tidak bisa hadir dan mendampingi di wisudanya karena tuntutan pekerjaan di luar kota membuat si mahasiswi menangis di tengah acara wisuda.

Video mahasiswi ini viral di media sosial, dengan menampilkan tangkapan layar berisi percakapannya dan sang ayah. Warganet yang melihatnya berkomentar haru dan bangga terhadap pencapaian yang telah diraih oleh mahasiswi ini.

Follow Berita Okezone di Google News

• Gantikan Paman Wisuda

Salah satu mahasiswa yang seharusnya mengikuti wisuda Universitas BSI pada Juli 2021 tidak dapat menghadiri wisuda yang ditunggunya. Melansir berbagai sumber, pria berinisial BY dikabarkan meninggal dunia setelah melawan penyakit paru-paru yang dideritanya, beberapa bulan sebelum acara wisuda digelar.

Pihak kampus akhirnya menunjuk RR, keponakan BY, untuk mewakili sang paman. Saat proses wisuda berjalan, RR menangis karena haru. Ia berkata bahwa pamannya sangat ingin diwisuda, dan pihak keluarganya sangat berterima kasih pada pihak kampus yang membantu mewujudkan keinginannya.

• Menggantikan Putrinya Wisuda

Seorang ayah berinisial B harus menahan air mata ketika menggantikan putrinya mengikuti wisuda yang berlangsung pada Rabu (27/2/2018). Putrinya yang berinisial RM meninggal dunia usai mengikuti sidang skripsi sehingga tidak dapat mengikuti wisuda yang telah dinantinya.

Karena itu, sang ayah menjadi orang yang menggantikan posisi anaknya dalam prosesi wisuda tersebut. Dosen pembimbing RM menyebutkan bahwa RM dapat menyelesaikan skripsinya hanya dalam waktu tiga bulan meski terhalang sakit yang dideritanya.

*dilansir dari berbagai sumber 

Andin Danaryati/Litbang MPI

 

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini