5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik, Ada Indonesia?

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 12 Desember 2021 08:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 624 2514442 5-negara-dengan-sistem-pendidikan-terbaik-ada-indonesia-lif0GW2bA6.jpg Ilustrasi sekolah. (Foto: Ant)

JAKARTA - Pendidikan merupakan salah satu faktor penting yang secara tidak langsung menentukan kemakmuran suatu negara. Tingkat pendidikan yang ada di satu negara dapat berbeda dengan negara lainnya.

Negara yang memiliki sistem pendidikan yang baik umumnya memiliki populasi penduduk yang cerdas dan maju dibanding dengan negara yang sistem pendidikannya belum memiliki sistem yang baik.

Melansir berbagai sumber, berikut adalah beberapa negara yang memiliki sistem pendidikan yang terbaik.

Baca juga: Cerita Haru Seorang Mahasiswi yang Berhasil Lulus ketika Ayah Sudah Tiada


Baca juga: Prediksi Passing Grade Unimed, Silakan Dicek!

• Amerika Serikat

Melansir World Population Review, negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik pada 2021 adalah Amerika Serikat. Negara ini menjadi rumah bagi banyak universitas ternama di dunia, seperti Harvard, Stanford, dan masih banyak lagi. Sistem pendidikan di Amerika dimulai dari Taman Kanak-Kanak yang ditempuh sejak usia 5 tahun, hingga menyelesaikan pendidikan menengah di usia 18 tahun.

Suasana pembelajaran pada sekolah dasar di Amerika Serikat berbeda dengan pembelajaran pada sekolah di Indonesia. Satu kelas terdiri dari dua puluh hingga tiga puluh siswa. Pada pendidikan menengah, pelajar Amerika Serikat diwajibkan mempelajari ilmu pengetahuan alam, matematika, bahasa Inggris, dan olahraga. Ada juga pelajaran tambahan yang dapat dipilih pelajar sesuai minat dan kemampuan.

• Inggris

Negara ini menjadi destinasi pelajar di seluruh dunia untuk melanjutkan studi. Lembaga pendidikan kelas dunia seperti Oxford dan Cambridge telah lama menjadi kiblat pendidikan bagi para pelajar. Sistem pendidikan di negara ini diatur dan diawasi langsung oleh Department for Education dan Department for Business, Innovation and Skills.

Setiap warga Inggris diwajibkan mengikuti pendidikan dasar dan menengah yang dimulai ketika berumur 5 tahun hingga 16 tahun, terbagi menjadi 4 jenjang pendidikan. Di negara ini, terdapat beberapa tipe sekolah yang ditentukan oleh tipe pendanaan yang diterima oleh pihak pengelola sekolah tersebut.

• Jerman

Selain Amerika Serikat dan Inggris, Jerman juga merupakan salah satu tujuan utama pelajar untuk melanjutkan studi, terutama di bidang kedokteran spesialis, otomotif, teknik, dan penerbangan. Ada 68 nobel bidang ilmu pengetahuan dan kedokteran yang dihasilkan berbagai universitas di Jerman.

Di negara ini, wajib belajar dimulai saat anak berusia 6 hingga tingkat menengah. Kualitas pendidikan yang mumpuni serta biaya pendidikan yang sepenuhnya gratis menjadikan warga negara ini tidak perlu khawatir akan biaya untuk mendapatkan pendidikan.

• Kanada

Melansir Daily Hive Vancouver, negara ini duduk di peringkat ke-3 terbaik di dunia untuk urusan pendidikan dan studi lanjutan pelajar dari berbagai belahan dunia. Sistem pendidikan yang digunakan di negara ini juga dinilai tidak memberatkan anak-anak karena guru tidak pernah membebankan murid dengan tugas yang banyak, menjadikan anak dapat berkembang secara maksimal baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.

• Prancis

Di negara ini, pemerintah mengalokasikan 21% total anggaran nasional untuk menjaga kualitas dan memajukan sistem pendidikan. Di bawah arahan langsung Kementrian Pendidikan, kualitas pendidik dan sistem pembelajaran diawasi secara ketat. Hal ini erat kaitannya dengan gaya pendidikan negara ini sejak dulu, yang dipengaruhi oleh kekuasaan Gereja Katolik pada awal abad pertengahan.

Ketika selesai menempuh pendidikan dasar, pelajar di Prancis akan dihadapkan oleh dua pilihan tingkat menengah, yakni jalur panjang yang melalui perguruan tinggi umum dan kejuruan, serta jalur pendek yang difokuskan pada bidang teknik.

*dilansir dari berbagai sumber 

Andin Danaryati/Litbang MPI

 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini