Sudah Siap Ujian SBMPTN? Cek Dulu Nih Rekomendasi Jurusan Soshum dengan Prospek Kerja Bagus

Agregasi Solopos, · Senin 06 Desember 2021 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 65 2512619 sudah-siap-ujian-sbmptn-cek-dulu-nih-rekomendasi-jurusan-soshum-dengan-prospek-kerja-bagus-oM4dXnbOz3.jpg Ilustrasi SBMPTN. (Foto: Dok Okezone.com)

SOLO – Persiapan matang sangatlah penting dalam menghadapi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Salah satunya tentu saja tentang pemilihan jurusan yang punya prospek bagus di dunia kerja.

Melansir dari Solopos.com, jika kamu lulusan IPA maka dapat mengambil jurusan yang berbau SAINTEK. Namun, jika kamu dari lulusan IPS maka bisa mengambil jurusan SOSHUM.

Ada baiknya kamu sungguh sungguh dalam belajar ketika akan mengikuti ujian SBMPTN, karena tes masuk ini tidak bisa diremehkan seperti halnya ujian biasa, walaupun ada jalur lain seperti SNMPTN dan Mandiri.

Persaingan yang sangat ketat dari pendaftar berbagai daerah membuat kamu harus serius belajar. Apa aja sih yang diujikan ?

a.Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi).

Baca juga: Calon Mahasiswa Wajib Tahu, Cara Mendapat Nilai UTBK SBMPTN di Atas 600!

b.Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).

Nah, bagi kamu calon mahasiswa SOSHUM, inilah rekomendasi jurusan yang memiliki prospek kerja yang bagus.

Jurusan SOSHUM dengan Prospek Kerja Bagus

1. Jurusan Hukum

Jurusan ini akan mengajarkan kamu terkait banyak pasal yang harus dipahami serta etika dan tata cara memecahkan suatu masalah. Lagipula jurusan ini merupakan jurusan yang cukup populer di setiap perguruan tinggi di seluruh Indonesia, karena jurusan hukum diklaim bisa menghasilkan orang-orang sukses di berbagai bidang yang berkaitan dengan hukum seperti pengacara, hakim, notaris, diplomat, hingga dosen.

2. Jurusan Ilmu Komunikasi

Bagi kamu yang senang berbicara mungkin jurusan ini adalah pilihan yang tepat untuk bakatmu. Bagaimana tidak jurusan ini adalah jurusan yang sering dibutuhkan di dunia kerja, karena tidak terlepas kaitannya dengan komunikasi, penulisan, dan pendengaran.

Jurusan ini mengajarkan kamu kode etik berkomunikasi yang baik hingga dapat mendapatkan kepercayaan orang lain layaknya orang terhipnotis dengan kata-kata yang kamu ucapkan.

Prospek kerja jurusan ini juga cukup mumpuni, antara lain juru bicara presiden, juru bicara partai, jurnalis, reporter, dan lain sebagainya.

3. Jurusan Akuntansi

Jika kamu selalu menjadi bendahara kelas mulai dari SD hingga SMA mungkin ini adalah jurusan yang tidak dapat kamu hindari. Dikarenakan jurusan ini tidak akan jauh dengan penghitungan angka, seperti keuangan, maka kamu sebagai mantan bendahara akan sangat terlatih jika memasuki jurusan yang satu ini.

Jurusan ini juga banyak dicari para stakeholder yang berkaitan dengan keuangan seperti bank, namun bisa menjadi bagian keuangan di suatu perusahan. Jurusan Akuntansi memiliki prospek kerja yang cukup baik, misalnya kamu bisa berprofesi sebagai akuntan, teller bank, perpajakan, dan lain-lain.

Itu lah tiga jurusan populer yang memiliki prospek kerja yang bagus dalam bidang SOSHUM. Pilihlah jurusan sesuai minat dan kemampuan kamu masing-masing. Jangan sampai kamu ketika sudah masuk kuliah merasa salah jurusan, ini akan sangat berpengaruh pada hasil akhir kamu walaupun jurusan populer sekalipun. Jadi tetap rajin belajar dan mengasah skills terbaik kamu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini