Share

Melalui Bright Cube, IPB University Sukses Cetak Wirausaha Muda

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Selasa 30 November 2021 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 65 2509789 melalui-bright-cube-ipb-university-sukses-cetak-wirausaha-muda-WvxE9B4dZB.jpg

JAKARTA - Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB University diketuai Lindawati Kartika melakukan kerja sama dengan A.M Incubator PT Teman Muda Berkarya LRT City Sentul. Kerjasama ini untuk melaksanakan program business incubator A.M Incubator yang bernama Business Rally Incubator (Bright Cube).

Lindawati Kartika menjelaskan, Bright Cube Batch 2 adalah program inkubasi bisnis dengan mayoritas pelaksanaan kegiatannya dilakukan secara daring. Ia mengaku kegiatan ini sedikit berbeda dengan Bright Cube Batch 1.

BACA JUGA: Mahasiswa Pascasarjana IPB University Juarai Hack the Planet Competition

“Bright Cube Batch 2 ini memberi dorongan lebih pada sisi pemasarannya serta didukung sepenuhnya oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI),” terangnya melalui siaran pers, Selasa (30/11/2021)

Program KMMI ini diikuti oleh 280 mahasiswa dari 50 Perguruan Tinggi di Indonesia dengan jumlah pelamar 533 pelamar. Pada program KMMI ini, Bright Cube dapat dikonversi dengan mata kuliah Manajemen Proyek sebesar tiga SKS.

“Para mahasiswa mendapatkan modal bisnis, mentoring dari praktisi bisnis serta jejaring dengan dunia bisnis,” tambah Lindawati Kartika.

BACA JUGA: IPB University Jadi Perguruan Tinggi Pertama Terima Sertifikat SafeGuard Label SIBV

Hal ini dibuktikan dengan adanya kerja sama berbagai brand partner, seperti PT Unilever Tbk, PT Paragon Technology and Innovation, Berkah Chicken, PT Inti Megah Swara, Hody.id, dan Dropshipaja.com, selain mahasiswa boleh membuat brand sendiri.

Dari hasil program ini, kata Lindawati Kartika, IPB University berhasil menginkubasi sebanyak 57 bisnis. Bisnis mahasiswa tersebut berhasil menghasilkan total omzet Rp222.629.317 dan profit bisnis sebesar Rp76.238.602.

Keunggulan program ini, katanya, juga ada sertifikasi kompetensi dengan skema perancangan pemasaran online oleh LSP Mitra Wirausaha Produktif Merdeka. Sertifikasi ini diberikan untuk 100 peserta terbaik.

Dr Eko Ruddy Cahyadi, selaku Koordinator Mata kuliah Manajemen Proyek dalam penutupan kegiatan mengaku sangat bangga dengan program ini. Ia juga berharap program ini dapat berkelanjutan.

“Saya berharap program ini tidak hanya selesai di mata kuliah, namun bisnis yang dirintis juga dapat berkelanjutan,” terang Eko.

Pada sesi penghargaan peserta Bright Cube Batch 2 IPB University juga mengapresiasi peserta dengan total hadiah mencapai Rp10 Juta. Penghargaan ini terbagi dalam beberapa kategori.

Dr Alim Setiawan, selaku Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB University menyampaikan, “Dari sebelas course KMMI yang dikoordinasi oleh IPB University, program BRIGHT CUBE ini menjadi salah satu yang terbaik.”

Menurutnya, pelaksanaan kegiatannya yang sesuai dengan jadwal, sesuai dengan rancangan pembelajaran, kemudian proyeknya yang dipantau terus oleh para mentor, serta banyak achievement yang diraih oleh setiap kelompok.

“Semoga para mahasiswa setelah ini dapat mendapatkan skill yang dibutuhkan untuk membangun usaha,” pungkas Dr Alim.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini