Share

Bisnis Bambu Rezeki, Mahasiswa di Padang Raup Jutaan Rupiah

Budi Sunandar, iNews · Senin 29 November 2021 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 29 65 2508955 bisnis-bambu-rezeki-mahasiswa-di-padang-raup-jutaan-rupiah-c37Te4BaVM.jpg Rahmat, mahasiswa yang berbisnis bambu rezeki (Foto: Budi Sunandar)

PADANG - Berawal dari hobi tanaman hias, seorang mahasiswa di kota Padang, Sumatera Barat bisa meraup omzet jutaan rupiah pe rbulannya dari bisnis mengkreasikan bambu mini menjadi hiasan cantik untuk ruang tamu. 

Kreasinya itu dinamakan bambu hooky atau bambu rezeki. Bahkan, pemasaran kreasi bambu rezeki miliknya merambah hingga keluar provinsi di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga:  4 Kisah Gigih Perjuangan Masuk Kampus Negeri Walau Gagal Berkali-kali

Dengan memanfaatkan teras rumahnya di daerah Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Rahmat, seorang mahasiswa di salah satu universitas negeri di kota Padang mengkreasikan bambu mini menjadi tanaman hias jenis dracena atau disebut dengan bambu rezeki.

Tanaman yang biasanya tumbuh di negara asalnya Afrika itu menjadi hiasan cantik di ruang tamu. Lewat tangan dinginnya, Rahmat merangkai bambu mini tersebut yang telah dipotong kecil berukuran 10 centimeter dengan pita berwarna merah dan berwarna emas yang kemudian disusun hingga berbentuk hiasan cantik.

Potongan bambu ini sebelumnya diberi cairan lilin di bagian atasnya agar tidak tumbuh tinggi. Rangkaian bambu hoky ini kemudian ditanam di dalam media pot mini dengan hiasan batu alam dan disiram dengan sedikit air agar tumbuh seperti tanaman hias lainnya.

Selain perawatannya tergolong mudah, tanaman hias ini juga bisa tumbuh di dalam rumah tanpa terkena sinar matahari. Tanaman hias bambu rezeki ini juga mendatangkan rezeki bagi Rahmat selama masa pandemi ini.

"Saya berpikir apa saja yang bisa menunjang semangat orang bekerja di rumah, salah satunya dengan menghias ruangan di rumah," ujar Rahmat. 

Baca Juga:  10 Tips Mengerjakan Skripsi Dengan Cepat, Tepat dan Cermat

Rahmat mengatakan, untuk satu pot bambu rezeki ini dijual dari harga Rp30 ribu hingga Rp200 ribu tergantung besar kecilnya media tanam bambu rezeki tersebut.

Untuk satu bulannya, ia bisa menjual hingga 300 pot bambu rezeki secara online hingga ke luar pulau Sumatera.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini