4 Cerita Haru Wisudawan yang Meninggal, Wisuda Diwakili Ayah hingga Istrinya

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 28 November 2021 12:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 26 65 2507832 4-cerita-haru-wisudawan-yang-meninggal-wisuda-diwakili-ayah-hingga-istrinya-k68JeBWyto.jpg Ilustrasi wisuda. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Wisuda merupakan momen yang dinantikan oleh mahasiswa ketika berhasil menyelesaikan tugas akhir. Saat wisuda, para wisudawan mengajak orang tua serta keluarga untuk menghadiri acara tersebut.

Namun, di momen ini tak semua wisudawan dapat merasakannya lantaran meninggal dunia. Berikut kisah haru wisudawan yang meninggal sehingga ketika wisuda digantikan oleh keluarga.

Baca juga: Ilmuwan Dunia yang Pernah Menjadi Guru, Dua Orang dari Indonesia


Baca juga:Abah Landoeng, Sosok di Balik Lagu Guru Oemar Bakrie

November 2021

Pada acara wisuda yang digelar IAIN Kendari pada Selasa (23/11/2021) terdapat seorang ayah yang menggantikan posisi anaknya sebagai wisudawan. Momen tersebut pun viral di media sosial. Diketahui, sang ayah menggantikan wisuda sang anak karena calon wisudawan IAIN Kendari tersebut meninggal dunia satu bulan sebelumnya.

Calon wisudawan tersebut adalah Muhammad Jamaluddin, SE, mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Jamaluddin diketahui wafat pada 24 Oktober 2021 usai dirawat di sebuah rumah sakit.

November 2021

Acara wisuda ke-47 Universitas Muhammadiyah Surabaya terlihat mengharukan. Seorang wisudawan meninggal dunia menjelang upacara wisuda. Pada prosesi ini, istri dan anaknya menerima ijazah tanda kelulusan menggantikan sang suami, Syaiful Rizal.

Syaiful merupakan mahasiswa UM Surabaya yang meninggal dunia usai sidang skripsi. Ia meninggal akibat pendarahan otak 9 hari setelah dinyatakan lulus sidang skripsi. Almarhum Syaiful merupakan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Pihak kampus memberikan santunan dan sertifikat penghargaan atas kegigihan Syaiful menyelesaikan studinya.

Oktober 2021

Dalam sebuah video yang beredar memperlihatkan seorang ibu menghadiri acara wisuda anaknya yang telah meninggal dunia. Video tersebut dibagikan oleh akun TikTok @mujiantievi. Ibu tersebut terlihat menggunakan gaun berwarna ungu sambil membawa foto sang anak.

Sang ibu tak mampu menahan tangisannya saat menghadiri acara wisuda. Dia terlihat dibantu oleh seorang wanita untuk maju ke depan panggung. Pihak kampus pun ikut berbelasungkawa sekaligus memberikan salam kepada ibu wisudawan tersebut. Momen haru ini menuai beragam komentar dari netizen.

September 2021

Rohisoh bersama sang suami harus menggantikan putrinya, Sonya Lapitacara Sahroni, untuk menghadiri wisuda ke-67 di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Kedua orang tua ini menggantikan wisuda sang anak yang telah meninggal dunia karena sakit.

Pada Agustus 2021, Sonya meninggal dunia setelah didiagnosa terdapat cairan di bagian otaknya. Sebelumnya dia mengalami kecelakaan motor. Namun karena tidak ada keluhan dari sang anak dan dia dapat melakukan aktivitas seperti biasa, maka Rohisoh beserta suami tidak khawatir.

Sonya merupakan mahasiswi yang pintar, terbukti dia lulus dengan IPK 3,73. Suasana haru sempat tercipta di dalam ruangan, tepuk tangan apresiasi pun bergemuruh menemani langkah kaki kedua orang tua.

Diolah dari berbagai sumber

Tika Vidya Utami/Litbang MPI

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini