UPI Kukuhkan 7 Guru Besar, Ada Profesor Kimia hingga Pendidikan Khusus

Arif Budianto, Koran SI · Rabu 24 November 2021 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 65 2506590 upi-kukuhkan-7-guru-besar-ada-profesor-kimia-hingga-pendidikan-khusus-7sBNin1p52.jpg

BANDUNG - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengukuhkan tujuh orang guru besar dari berbagai disiplin ilmu. Pengukuhan ini menjadi yang terbanyak selama tahun 2021. Pengukuhan dilakukan selama dua hari, mulai Selasa (23/11/2021) hingga Rabu (24/11/ 2021).

Seremonial pengukuhan dilakukan secara hybrid, dengan acara luring dan daring menggunakan aplikasi zoom untuk dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, keluarga, kolega dan lainnya.

Dengan pengukuhan tujuh guru besar ini, maka komposisi guru besar menjadi sekira 130 orang. Jumlah tersebut terus pasang surut, karena ada beberapa guru besar yang pensiun, meninggal dunia, dan lainnya.

BACA JUGA: Dies Natalis ke-67, UPI Bertekad Menuju Digital Hybrid University

Menurut Ketua Dewan Guru Besar (DGB) Karim Suryadi, pengukuhan guru besar kali ini berasal dari lintas disiplin keilmuan.

"Ada tujuh guru besar yang kami kukuhkan, mereka berasal dari lintas disiplin," jelasnya.

Pada sesi pertama hari Selasa, dikukuhkan tiga profesor. Yaitu Ratnaningsih Eko Sardjono, Guru Besar (Profesor) dalam Bidang Ilmu Kimia Organik pada Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang mengangkat pemikiran Nano Herbal Medicine Berbasis, Mucuna Pruriens.

Kemudian Dadang Dahlan, guru Besar (Profesor) dalam Bidang Ilmu Pendidikan Ekonomi pada Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis mengangkat pemikiran Pedagogi Ekonomi dari Perspektif Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di Sekolah Menengah Atas.

BACA JUGA: Passing Grade UPI, yang Punya Cita-Cita Jadi Guru Wajib Simak!

Sedangkan Wahyu Sopandi, Guru Besar (Profesor) dalam Bidang Ilmu Pendidikan Kimia pada Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam mengangkat pemikiran mewujudkan Pembelajaran Kimia Ideal Berwawasan Global Berbasis Kearifan Nasional Melalui R-A-D-E-C Untuk Membentuk Manusia Indonesia Masa Depan.

Sementara pada sesi kedua Rabu, dikukuhkan empat guru besar, yaitu Endang Rochyadi, Guru Besar (Profesor) dalam Bidang Ilmu Pendidikan Khusus Anak dengan Hambatan Intelektual pada Fakultas Ilmu Pendidikan, Prof. Dr. Nandang Rusmana, M.Pd, Guru Besar (Profesor) dalam Bidang Ilmu Bimbingan dan Konseling pada Fakultas Ilmu Pendidikan.

Prof. Dr. Ayi Suherman, M.Pd, Guru Besar (Profesor) dalam Bidang Ilmu Pedagogi Olahraga pada Kampus UPI di Sumedang, yang mengangkat Transformasi Kurikulum Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan di Sekolah Dasar (Sebuah Kajian Reflektif Implementasi Kurikulum 2013), dan Prof. Dr. Tatang Muhtar, M.Si, Guru Besar (Profesor) dalam Bidang Ilmu Pedagogi Olahraga pada Kampus UPI di Sumedang dengan pembahasan Rekonstruksi Pendidikan Jasmani di Indonesia: Sebuah Upaya Mengokohkan Kontribusi Pendidikan Jasmani Dalam Membangun Karakter Bangsa, juga dikukuhkan pada sesi yang sama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini