Cerita 3 Orang Sukses yang Ternyata Tidak Lulus Kuliah, dari Mark Zuckerberg hingga Bob Sadino

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 22 November 2021 08:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 19 65 2504237 cerita-3-orang-sukses-yang-ternyata-tidak-lulus-kuliah-dari-mark-zuckerberg-hingga-bob-sadino-2ZqnvT1HM7.jpg Bob Sadino. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Seseorang yang tidak melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi, bukan berarti tidak akan sukses. Tiga pengusaha besar asal Indonesia dam Amerika ini telah membuktikan, jika mereka bisa mendulang keberhasilan dengan kerja keras, tanpa menamatkan pendidikan sarjananya. Berikut kisahnya.

Bob Sadino

Pengusaha nyentrik Indonesia yang kerap tampil dengan menggunakan celana pendek, Bob Sadino, rupanya tidak menamatkan pendidikannya di Fakultas Hukum, Universitas Indonesia. Melansir Okezone, Bob kehilangan sang ayah saat usianya menginjak 19 tahun.

Tanpa ia sangka, ayahnya melimpahkan seluruh warisannya kepada Bob. Akhirnya, Bob menggunakan warisan itu untuk berkeliling dunia, termasuk Belanda dan Jerman. Di Belanda, Bob bekerja di Djakarta Llyod yang berlokasi di Amsterdam dan Hamburg. Saat itu pula, ia bertemu dengan istrinya, Soelami Soejoed.

Bob dan keluarganya memutuskan kembali ke Indonesia pada 1967. Bermodalkan 2 mobil hasil kerja kerasnya di negeri orang, Bob mulai merintis usaha. Ia memiliki tekad untuk menjadi pengusaha, bukan lagi seorang karyawan.

Baca juga: 4 Kisah Unik Saat Wisuda, Ibu Pakai Toga Gantikan Anaknya yang Pemalu


Baca juga: 4 Kisah Perjuangan Mahasiswa Lulus Cumlaude, Nomor 1 Sambil Jadi Kuli Bangunan

Bob memutuskan untuk menjual satu mobilnya dan membeli lahan di daerah Kemang. Sementara itu, mobil satunya lagi ia sewakan dan Bob sendiri yang menjadi sopirnya. Nahas, mobil itu mengalami kecelakaan dan rusak cukup parah. Lepas dari usaha itu, Bob menjadi kuli bangunan. Pada masa itulah, ia sempat dilanda stres karena merasa tidak kuat menjalani hidupnya.

Namun, Bob tetap optimis dan mencoba peruntungan lain di dunia ternak ayam petelur. Perlahan namun pasti, usahanya itu berkembang pesat dan dikenal masyarakat luas. Baik dalam maupun luar negeri. Lelaki yang wafat pada 2015 ini selalu mengungkapkan bahwa kegigihan adalah kunci utama keberhasilan.

Mark Zuckerberg

Pendiri Facebook (kini bernama Meta) Mark Zuckerberg rupanya dikeluarkan dari kampusnya, Harvard University pada 2004. Mengutip Technology Magazine, Zuckerberg sudah memiliki bisnis bersama teman-temannya dan mendirikan Facebook.

Setelah ditendang dari kampus, ia fokus pada bisnisnya itu. Di luar dugaan, Facebook banyak mendapat atensi masyarakat dan resmi menggaet 1 juta pengguna pada Desember 2004. Sukses di dunia bisnis, Zuckerberg dikabarkan memiliki kekayaan bersih hingga 117,8 miliar dolar AS atau lebih dari seribu triliun rupiah.

Bill Gates

Pengusaha besar lain yang juga tidak menyelesaikan kuliahnya adalah pendiri Microsoft, Bill Gates. Di tahun keduanya berkuliah di Harvard University, Gates berhenti menimba ilmu di universitas bergengsi dunia itu dan mulai fokus ke Microsoft. Saat berkuliah, Gates mengaku kurang bisa bersosial dengan teman-teman lainnya. Hal itu pula yang kini disesalinya.

Setelah keluar dari kampus, Gates dan sahabatnya, Allen, bekerja sama dengan perusahaan komputer bernama MITS. Karena bermitra, perusahaan teknologi yang dimiliki keduanya diberi nama Micro-soft. Nama itu kemudian diubah menjadi Microsoft pada 1976, saat Gates dan Allen tak lagi bermitra dengan MITS.

Seiring waktu, Microsoft terus mengalami perkembangan. Hingga di tahun 1983, perusahaan itu menghasilkan 55 juta dolar AS dari penjualannya. Gates pun dikenal sebagai salah satu pengusaha terkaya dengan total harta mencapai 137,9 miliar dolar AS.

*diolah dari berbagai sumber 

Ajeng Wirachmi/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini