Share

Dosen-Dosen yang Raih Gelar Pahlawan Nasional, dari Bung Hatta hingga Pendiri HMI

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 15 November 2021 07:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 12 65 2500618 dosen-dosen-yang-raih-gelar-pahlawan-nasional-dari-bung-hatta-hingga-pendiri-hmi-ZOcj4Edl6t.jpg Bung Hatta. (Perpusnas)

JAKARTA - Pahlawan Nasional dapat berasal dari berbagai latar belakang, termasuk pula mereka yang berlatar belakang dosen Perguruan Tinggi. Berikut beberapa dosen yang dianugerahi gelar pahlawan nasional atas dedikasinya.

Mohammad Hatta

Mohammad Hatta atau yang sering disapa Bung Hatta lahir di Bukit Tinggi, 12 Agustus 1902. Bung Hatta semasa hidupnya dikenal sebagai bapak proklamator, organisator, aktivis partai politik, dan bapak koperasi.

Kiprahnya di dunia politik dimulai saat ia dipilih menjadi bendahara di Sumatranen Bond wilayah Padang pada tahun 1916. Selain berkiprah di dunia politik, Bung Hatta ternyata juga menekuni bidang pendidikan.

Bung Hatta tercatat pernah menjabat sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi di Yogakarta yaitu Universitas Gajah Mada pada tahun 1954-1959. Selain itu, pada tahun 1951 sampai 1961 ia juga menjadi dosen Sesko Angkatan Darat di Bandung.

Baca juga: Penampakan Jejak Perjuangan Jenderal Nasution di Kaki Merapi Klaten


Baca juga: Biografi TB Simatupang, Jenderal yang Tidak Akur dengan Presiden Soekarno

Lafran Pane

Lafran Pane dinobatkan sebagai pahlwan nasional pada 6 November 2017 oleh Presiden Joko Widodo. Pria kelahiran 5 Februari 1922 ini banyak berkontribusi dalam memberikan pandangannya mengenai hubungan beragama dan bernegara.

Lafran Pane mendirikan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) pada 5 Februari 1947. Tujuannya, adalah agar Islam memiliki peran dan pengaruh yang tinggi diantara mahasiswa, serta bentuk aktualisasi diri dalam menghapus fanatisme kelompok yang kian meningkat.

Selama hidupnya Lafran Pane telah mengeluarkan 12 karya. Salah satunya “Keadaan dan Kemungkinan Kebudayaan Islam di Indonesia”. Jejak perjuangannya dimulai dengan menjadi dosen dibeberapa perguruan tinggi negeri seperti IKIP Yogyakarta, UGM, IAIN Yogyakarta, UMY, dan UI.

M. Sardjito

Prof. Dr. M. Sardjito, MPH lahir pada 13Agustus 1889 di Jawa Timur. Ia adalah rektor pertama Universitas Gajah Mada. Sardjito dikenal sebagai sosok ilmuwan pejuang. Dikutip dari laman resmi UGM, Sardjito dinobatkan sebagai pahlawan nasional pada 9 November 2019 di Jakarta.

Dirinya fokus dan aktif di bidang pendidikan seperti Budi Utomo. Selain itu, ia juga penggagas pancasila sebagai dasar perguruan tinggi di Indonesia. Sardjito wafat pada 5 Mei 1970 di Yogyakarta.

Mahfud Yunus

Mahfud Yunus lahir di Sungayang, Minangkabau pada 10 Februari 1899. Mahfud berasal dari keluarga petani yang bernama Yunus dan Hafsyah. Dalam perjalanan karirnya, Mahfud Yunus terus berjuang dalam pengembangan pendidikan Islam, terutama bagi pendidikan tinggi Islam.

Semasa hidupnya, Mahfud Yunus menulis kurang lebih 80 judul buku. Beberapa bukunya saat ini masih dipergunakan untuk keperluan pembelajaran di madrasah dan perguruan tinggi, serta menjadi buku pegangan pendidikan.

Berbagai gagasan, pemikiran, dan karyanya telah dijadikan sebagai objek kajian studi jenjang pendidikan sarjana, magister, dan doktor. Mahfud Yunus mendapat apresiasi sebagai pahlawan nasional.

*Dilansir dari berbagai sumber

Pratitis Nur Kanariyati/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini