Share

Anak Baru Jangan Kaget! Ini 3 Tipe Mahasiswa UIN, Ada Santri Kocak

Lutfia Dwi Kurniasih, Okezone · Rabu 10 November 2021 07:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 65 2499408 anak-baru-jangan-kaget-ini-3-tipe-mahasiswa-uin-ada-santri-kocak-DhKHv3NJN4.jpg Ilustrasi UIN Jakarta. (Foto: UIN)

JAKARTA - Seorang mahasiswa UIN bernama Maulana Ilyas membagikan cerita tentang Poin Of View atau sudut pandang bagaimana perasaan seorang mahasiswa biasa pertama kali masuk UIN viral di media sosial.

Cerita tersebut viral setelah ia publikasikan lewat akun tiktok miliknya @ulmaulmaull. Dalam video tersebut Maulana mempraktikan bagaimana dirinya menjadi mahasiswa yang baru masuk UIN dan bertemu dengan berbagai fakta yang ada di UIN.

Seperti yang mungkin sudah banyak diketahui, UIN atau Universitas Islam Negeri adalah universitas negeri yang dominan mempelajari ilmu dengan unsur keagamaan terutama agama Islam.

Baca juga: Bandingkan NU dan Muhammadiyah, Dosen UIN Jakarta Minta Maaf


Baca juga: Jurusan Sepi Peminat di UIN Jakarta, dari Ilmu Politik hingga Kimia

Tentunya pandangan mahasiswa banyak yang menilai mahasiswa UIN adalah seorang mahasiswa yang berakhlak, santun, dan taat agama. Bahkan, faktanya kebanyakan mahasiswa UIN pun merupakan lulusan pesantren ataupun sekolah Islam.

Kemudian, Maulana dalam video tersebut membagikan cerita bagaimana perasaannya pertama kali masuk UIN. Dari sudut pandang dirinyalah ia berharap bahwa dirinya tidak hanya merasakan pengalamannya sendirian.

Ia seperti ingin mengetahui apakah hanya dirinya yang merasakan hal tersebut saat menjadi mahasiswa UIN atau justru banyak yang merasakan hal yang sama.

Lalu, ia mulai mempraktikan atau melakukan reka ulang adegan seorang mahasiswa yang baru masuk UIN saat harus dihadapkan dengan beberapa fakta yang sering ada di UIN.

Tipe pertama yakni mahasiswa baru UIN akan banyak bertemu dengan penghafal Qur'an baik akhi ataupun ukhti, ditambah lagi mereka pandai berdakwah.

Tipe kedua yakni mahasiswa UIN rata-raya merupakan alumni pesantren setengah santri atau santri kocak.

Tipe ketiga yaitu mahasiswa UIN yang tengah giat belajar mata kuliah keislaman yang terdiri dari studi islam, arab, tauhid, tafsir, hadits, tasawuf, hingga filsafat Islam.

Selain itu, ada juga praktik ibadah TOAFL yang harus dijalani setiap mahasiswa UIN.

Diakhir video Maulana juga memperlihatkan seseorang menutup pintu dan menguncinya sehingga ia tidak bisa keluar. Diketahui awalnya ia seolah-olah masuk ke sebuah ruangan penuh dengan fakta-fakta UIN.

Sontak POV yang dibuat Maulana tersebut banyak menarik perhatian warganet khususnya mahasiswa UIN. Apa yang dirasakan Maulana nyatanya memang banyak dirasakan pula oleh mahasiswa UIN lainnya.

Hingga berita ini dibuat, video tersebut telah disukai sebanyak 151,2 ribu warganet dengan ribuan komentar. Kolom komentar pun dibanjiri komentar mahasiswa UIN lainnya yang merasakan hal yang sama.

"Hai aku UIN Bandung, aku merasakan please tapi sekarang udah lulus," tulis salah satu alumni UIN @v*n**fyrdaus420.

"Gue yang dari kecil sekolah umum negeri. Masuk UIN auto kek ngang ngong ngang ngong gabisa apa-apa," tulis mahasiswa lain @k*nt*nkkeju0 yang menceritakan kesedihannya.

"Itulah dari yang awalnya sekolah umum dan mencoba masuk di UIN berasa disana masuk pergaulan baru lagi," ungkap warganet dengan akun @p*ld*nchu*ks.

"Dikelas gua dari 29 mahasiswa cuman 4 yang gak lulusan pesantren. Termasuk gua (emoticon sedih)," ungkap kesedihan mahasiswa UIN lainnya @h*mb*_allah936.

"Aku banget nih, first time matkul dikelas para anak pesantren unjuk diri ngeluarin dalil dan aku cuma plonga plongo," sahut mahasiswa UIN lainnya @b*nb*n_e*mma.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini