Daftar Presiden RI Penerima Gelar Doktor Honoris Causa Terbanyak, Soekarno Juaranya!

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 08 November 2021 07:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 04 65 2496687 daftar-presiden-ri-penerima-gelar-doktor-honoris-causa-terbanyak-soekarno-juaranya-JLcwYUefe3.jpg Daftar Presiden RI penerima gelar honoris causa terbanyak. (Foto: Ant)

JAKARTA - Dalam daftar presiden RI penerima gelar honoris causa terbanyak, Soekarno menjadi juaranya. Perguruan tinggi dapat memberi gelar kehormatan atau honoris causa (HC) kepada orang yang dinilai berjasa bagi ilmu pengetahuan dan kehidupan masyarakat.

Orang yang menerima gelar HC tidak perlu kuliah atau lulus dari pendidikan yang sesuai dengan gelar yang diberikan. Berikut presiden dengan gelar doktor honoris causa terbanyak di Indonesia.


Baca juga: Punya Banyak Prestasi, Ibunda Sandiaga Uno Raih Gelar Doktor HC dari UPI


Baca juga: Alasan Unhan RI Berikan Gelar Doktor Honoris Causa pada Ryamizard Ryacudu

Soekarno (Presiden ke-1 Indonesia)

Bapak proklamator sekaligus Presiden pertama, Soekarno mendapat 26 gelar honoris causa (HC) dari 7 universitas dalam negeri dan 19 universitas luar negeri. Gelar HC yang diterima Bung Karno terdiri dari disiplin ilmu yang berbeda.

Susilo Bambang Yudhoyono (Presiden ke-6 Indonesia)

Pada Oktober 2018, SBY menerima gelar HC dari Universiti Kuala Lumpur. SBY telah mendapat 14 gelar honoris causa dari berbagai universitas dalam negeri dan universitas luar negeri. Gelar ke-14 yang diberikan Universiti Kuala Lumpur ini atas jasa SBY di bidang internasional.

Abdurrahman Wahid (Presiden ke-4 Indonesia)

Presiden ke-4 Indonesia, Abdurrahman Wahid atau yang biasa disapa Gus Dur ini mempunyai 10 gelar HC. Gelar HC yang diterima Gus Dur terdiri dari berbagai disiplin ilmu, mulai dari bidang kemanusian, hukum, filsafat hukum hingga hukum dan politik.

Megawati Soekarnoputri (Presiden ke-5 Indonesia)

Universitas Pertahanan memberikan gelar kehormatan kepada Megawati pada Juni 2021. Diketahui Megawati telah mempunyai 10 gelar HC dari universitas dalam negeri dan universitas luar negeri seperti Universitas Waseda Tokyo, Universitas Padjajaran Bandung, Universitas Negeri Padang, dan lain lain.

Unhan memberikan Megawati gelar HC karena dinilai berhasil mengatasi krisis multidimensi saat menjabat sebagai presiden. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini