Punya Banyak Prestasi, Ibunda Sandiaga Uno Raih Gelar Doktor HC dari UPI

Arif Budianto, Koran SI · Selasa 19 Oktober 2021 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 19 65 2488454 punya-banyak-prestasi-ibunda-sandiaga-uno-raih-gelar-doktor-hc-dari-upi-HeRf2R6FKo.jpg Ibunda Menparekraf Sandiaga Uno, Mien R Uno raih gelar Doktor HC dari UPI (Foto: Okezone)

BANDUNG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno sedang berbahagia karena sang ibunda Mien R Uno berhasil meraih gelar Doktor Honoris Causa (HC) bidang kewirausahaan dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Seremonial penyerahan gelar HC kepada Mien R Uno dilakukan di Gedung Ahmad Sanusi UPI, Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Senin (18/20/2021). Pemberian gelar dilakukan Rektor UPI Solehudin diterima oleh Sandiaga Uno, mewakili ibunya yang hadir secara daring.

Ketua Tim Promotor Mien R Uno, Suryana mengatakan, Mien R Uno adalah sarjana IKIP Bandung. Meraih 32 penghargaan tokoh inovatif, tokoh perempuan inspiratif Indonesia, perempuan tangguh, bunda etik Indonesia, komunitas etnik Indonesia.

Baca juga: Alasan Unhan RI Berikan Gelar Doktor Honoris Causa pada Ryamizard Ryacudu

Sampai saat ini telah mnghasilkan 9 buku yang dimuat di Library Congress Washington Amerika Serikat. Telah berjasa berkontribusi bagi masyarakat, bangsa dan negara serta Universitas Pendidikan Indonsia (UPI). Sementara Mien R Uno Foundation telah berjasa dalam bidang pendidikan, beasiswa serta pengembangan kepemimpinan dan kewirausahaan.

"Hal ini sangat berdampak bagi pembangunam masyarakat Indonesia. Melakukan pengembangan bidang kewirausahaan bagi mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia dalam membangun kreativitas dan kemandirian bagi mahasiswa dalam bidang bisnis. Memiliki komitmen dalam bidang akademik, pendidikan serta kemanusiaan dalam membangun karakter generasi muda dan masyarakat yang unggul," jelas dia.

Baca juga: Terima Gelar Honoris Causa dari IPB, Doni Monardo Menangis saat Bacakan Pidato Ilmiah

Sementara itu, dalam paparannya, Mien R Uno mengatakan, generasi muda Indonesia sebagai tenaga luar biasa dalam menggerakan roda ekonomi bangsa. Mengembangkan ekosistem kewirausahaan dengan membangun sikap, perilaku dan cara kerja. Prinsip kewirausahaan dimaknai sebagai semua aktivitas kehidupan tidak hanya bisnis berupa inovasi, imajinasi serta pengambilan keputusan.

"Memiliki kompetensi kewiraushaan dalam membangun semangat kemandirian dengan indikator kreatif, inovasi, kolaborasi serta sikap mental dan perubahan maindset. Pribadi yang tangguh berani untuk melawan arus, kekuatan mental, integritas yang tinggi dan siap untuk jatuh bangun dan bangkit kembali. Sejumlah langkah yg dapat dilakukan dengan pembelajaran (teaching dan learning), keteladanan (modeling), penguatan (reinforching) dan pembiasaan," katanya.

Menurut dia, pembangunan kewirausahaan adalah tugas semua pihak sebagai warga negara. "Kita mengacu pada filosofi pendidikan ki Hajar Dewantara Tri Pusat Pendidikan pada lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Pribadi dengan jiwa kewirausahaan yang tinggi dapat meningkatkan keahlian dan intelektualitas terpagar etika serta menjadi figur yang kuat," imbuh dia.

Rekor UPI Solehuddin mengaku, Mien R Uno adalah tokoh yang konsisten membangun kewirausahaan bagi generasi muda. Sejak beberapa tahun dia konsentrasi melakukan edukasi demi terciptanya wirausaha baru

"Sampai saat ini, sudah ada 400-an pelaku wirausaha baru yang berhasil di cetak. Dia cermin wanita Indonesia yang tangguh mewujudkan cita citanya," imbuh dia.

Selain Mien R Uno, UPI juga memberikan gelar Doktor HC kepada Peter Hywel Coleman, OBE., MA dalam bidang pendidikan dan kebijakan bahasa. Dia telah konsisten mengangkat isu bahasa di dunia. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini