Rektor UI: Peringatan Sumpah Pemuda Harus Dimaknai Sebagai Perjuangan Mempertahankan Persatuan

Dita Angga R, Sindonews · Kamis 28 Oktober 2021 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 65 2493049 rektor-ui-peringatan-sumpah-pemuda-harus-dimaknai-sebagai-perjuangan-mempertahankan-persatuan-T2uk3fHEto.jpg Rektor UI Prof. Ari Kuncoro (Foto: Dok Sindo)

JAKARTA - Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro mengatakan bahwa Sumpah Pemuda merupakan salah satu peristiwa sejarah yang sarat makna bagi bangsa Indonesia. Dia mengatakan bahwa 93 tahun yang lalu, orang-orang muda dari berbagai penjuru nusantara bermufakat untuk bertanah air, berbangsa, dan berbahasa Indonesia.

“Momentum sejarah ini merupakan tonggak penting dalam lahirnya Indonesia. Dan seyogyanya menjadi inspirasi dan motivasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya dalam Diskusi Publik Memperingati Hari Sumpah Pemuda 2021, Kamis (28/10/2021).

Dia mengatakan bahwa Peringatan Sumpah Pemuda di masa kini perlu dimaknai sebagai bagian dari perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia.

 Baca juga: Hari Sumpah Pemuda, Presiden Jokowi: Persatuan Jadi Modal Lalui Tantangan

“Mempertahankan kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia. Dan menerapkan sikap Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Ari menilai makna Sumpah Pemuda harus ditanamkan sejak dini bagi generasi muda. Hal ini juga merupakan salah satu cara menumbuhkan sikap cinta tanah air.

 Baca juga: Peringati Sumpah Pemuda, Haedar Nashir: Hindari Benih-benih Perpecahan

“Makna sumpah pemuda tersebut harus ditanamkan pada diri generasi muda sejak dini melalui berbagai wahana. Termasuk melalui contoh dari generasi sebelumnya,” pungkasnya. Dita angga

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini