Viral Kisah Mahasiswa Magang Dibayar Rp100 Ribu per Bulan dan Dikenakan Sanksi jika Resign

Tim Okezone, Okezone · Kamis 28 Oktober 2021 06:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 65 2492926 viral-kisah-mahasiswa-magang-dibayar-rp100-ribu-per-bulan-dan-dikenakan-sanksi-jika-resign-2nnMeDb9eK.jpg Ilustrasi (Ist)

JAKARTA - Viral di media sosial (medsos) mengenai keluh kesah mahasiswa yang magang di perusahaan startup digital. Dalam postingan itu, mereka menceritakan pengalamannya magang dibayar Rp100 per bulan, target yang berubah-ubah, dan jam kerja yang panjang.

Kisah itu viral usai diposting akun @taktekbum. Akun itu mengepos foto berisi curhatan dari mereka yang telah magang di perusahaan startup tersebut.

Salah satunya mereka mengeluhkan bayarannya yang rendah bahkan adanya anjaman penalti jika resign dari tempat tersebut.

"Bayangkan upah 100k per bulan, ditarget, tapi saat mundur disuruh bayar 500k. Dan saya yakin sudah terjadi selama beberapa periode internship sebelumnya," demikian sebagaimana dilihat dipostingan @taktekbum, Kamis (28/10/2021).

Ada pula yang berkomentar bahwa upah yang diberikan sebesar Rp100 ribu per bulan yang masih ada potongannya itu sangat tidak transparan.

Baca Juga : Kisah Mahasiswa Magang Alami Pengalaman Buruk dan Menyedihkan

"Soal upah?100 k per bulan, itu pun masih dipotong sekian persen tergantung performa kami yang kami sendiri enggak tau perhitungan pemotongannya. Sangat tidak transparan," katanya.

Ada pula yang mengeluhkan jam kerja berlebihan saat magang di perusahaan tersebut. Dalam pengakuannya, para pekerja magang memiliki jam kerja sama dengan pegawai tetap di sana. Ternyata kantor tersebut hanya memiliki beberapa pegawai tetap.

"Mereka cuma punya beberapa pegawai tetap dan pegawai tetapnya aku bisa validate kalo kerjaan intern dan pegawai tetap itu sama workloadnya," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini