Share

Kisah Mahasiswa Magang Alami Pengalaman Buruk dan Menyedihkan

Tim Okezone, Okezone · Kamis 28 Oktober 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 65 2492914 kisah-mahasiswa-magang-alami-pengalaman-buruk-dan-menyedihkan-sAlIaaoGNv.jpg Ilustrasi (Ist)

JAKARTA - Seorang mahasiswa membagikan pengalamannya magang di salah satu perusahaan startup. Selama magang, mahasiswa itu mengalami pengalaman yang buruk.

Kisah itu dibagikan seorang mahasiswa yakni Elen Kusumaningrum melalui akun LinkedIn pribadinya. Ia menceritakan pengalaman pahitnya ketika magang.

"Sangat berat untuk sepak up hal ini, tapi tolong hargai mahasiswa intership. Sedikit bercerita dengan pengalaman yang saya alami secara pribadi. Cerita ini adalah pengalaman magang pertama saya yang sangat buruk dan menyedihkan," katanya dalam akun LinkedIn, dikutip pada Kamis (28/10/2021).

Sedikit bercerita dengan pengalaman yang saya alami secara pribadi. Cerita ini adalah pengalaman magang pertama saya yang sangat buruk dan menyedihkan.

Awalnya, Elen merasa exited saat awal magang karena ia akan mendapatkan ilmu, teman, dan pengalaman. Terlebih ia magang di perusahaan startup yang bergerak di bidang pendidikan.

Namun suatu ketika dirinya diminta oleh atasan melakukan riset kecil secara rahasia kepada company serupa. Ia yang masih awam hanya mengikuti arahan yang di minta.

"Sampai pada hari meeting yang sudah ditentukan, saya diminta berbohong bahwa kegiatan meeting tersebut merupakan keperluan kampus saya," kata Elen.

Namun, ia melanjutkan, pada sesi meeting atasannya melakukan kesalahan. Ia pun diminta mengklarifikasi kesalahan tersebut dengan mencari alasan yang aman agar tidak dicurigai karena company yang sedang saya riset justru rekan dari atasan sendiri.

Baca Juga : Sri Mulyani Buka Lowongan Magang Tanpa Dibayar, Cek Syaratnya

"Ternyata dari alasan tersebut atasan dari company yang sedang saya riset mencurigai dan mencari informasi saya dan 2 rekan saya yang meeting pada hari tersebut melalui LinkedIn dan beliau mengetahui bahwa 2 rekan internship saya tidak dari kampus yang sama. Dan company tersebut sadar dan tiba-tiba kami ber3 ditag melalui Instagram tanpa ada penjelasan diinstastory beliau," paparnya.

Dirinya dan kedua rekannyayang masih awam cukup takut dengan hal tersebut. Alhasil saya memberanikan diri untuk DM (direct message) langsung beliau untuk menanyakan.

"Ternyata saya mendapat judge mental bahwa saya dikecam pembohong, merugikan company tempat magang saya (padahal saya yang sangat dirugikan) dan ucapan yang menyakiti lainnya," ucapnya.

Dirinya pun langsung meminta tanggung jawab kepada atasan dari semua kejadian ini yang sebenarnya murni kesalahan atasannya, tapi malah dirinya yang harus bertanggung jawab.

"Namun, hingga akhir masa intern dan bertubi-tubi saya tagih pun tidak ada ketegasan untuk mengklarifikasi secara langsung, hanya mengulur waktu yang entah kapan akan terungkap hingga akhirnya masa internship saya dan 2 rekan habis," ucapnya.

Bagi Elen, kejadian tersebut sangat menganggu mentalnya dan dirinya jadi tidak semangat untuk mengikuti perkuliahan bahkan sulit untuk tidur. "Sampai saat saya ingin resign pun saya tetap dipersulit harus membayar uang denda dengan segala kejadian yang sudah saya alami dan sangat tidak dihargai," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini