Capai Ratusan Juta, Ini Biaya Kuliah S1 Hukum Tarumanagara hingga Trisakti

Lutfia Dwi Kurniasih, Okezone · Senin 25 Oktober 2021 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 65 2490924 capai-ratusan-juta-ini-biaya-kuliah-s1-hukum-tarumanagara-hingga-trisakti-pgPgl9jiLM.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Universitas swasta tak kalah saing dengan universitas negeri yang ada di Indonesia. Bahkan banyak calon mahasiswa baru yang menilai universitas swasta lebih banyak memberikan fasilitas dibandingkan dengan universitas negeri.

Masuk universitas swasta bukanlah hal buruk. Bahkan banyak sekali mahasiswa berprestasi yang berasal dari universitas swasta.

Biasanya calon mahasiswa baru yang memilih universitas swasta tentunya juga akan memilih jurusan favorit dan ternama sesuai minatnya.

Salah satu jurusan favorit di universitas swasta yang banyak diminati yaitu fakultas hukum. Yap, jurusan ini laris manis menjadi pilihan bagi calon mahasiswa baru.

(Baca juga: Kabar Baik! Siswa dari Kalangan Tak Mampu Kini Bisa Kuliah dengan KIP)

Selain itu, calon mahasiswa baru juga tentunya akan memperhatikan biaya kuliah selama pendidikan. Oleh karena itu, berikut adalah perkiraan biaya kuliah jurusan S1 Hukum di berbagai universitas swasta yang jadi favorit calon mahasiswa baru.

1. Universitas Pancasila

Universitas Pancasila yang letaknya berdekatan dengan Universitas Indonesia pastinya sudah banyak diketahui calon mahasiswa baru di wilayah Jabodetabek.

Universitas Pancasila atau yang sering kali disingkat menjadi UP merupakan universitas swasta ternama yang ada di Jakarta. UP memiliki banyak fasilitas yang menawarkan kenyamanan bagi para calon mahasiswa baru.

Memiliki banyak fakultas dan jurusan, salah satu jurusan S1 Hukum di UP memiliki banyak peminat, lho. Banyak pula calon mahasiswa yang penasaran dengan biaya kuliah pendidikan S1 Hukum di Universitas Pancasila.

Berdasarkan informasi dari laman resmi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Pancasila, rincian biaya kuliah S1 Hukum di Universitas Pancasila dari semester 1 hingga semester 8 mencapai Rp96 juta lebih

2. Univesitas Katolik Parahyangan

Dilansir dari laman resmi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Katolik Parahyangan, biaya Studi S1 Ilmu Hukum tergantung pada SKS (Satuan Kredit Semester) yang diambil setiap mahasiswa di semester ganjil dan semester genap.

Biaya Semester Pertama/Semester Ganjil

Biaya SKS = Rp330.000

Jumlah SKS Semester Satu/Semester Ganjil = 18

Total = Rp5.940.000

Biaya Semester Kedua/Semester Genap

Biaya UKPS =  Rp5 juta

3. Univesitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Dikutip dari laman resmi Universitas Kalotik Indonesia Atma Jaya, biaya per semester kuliah disini mencapai Rp18,5 juta.

Catatan : Biaya Per Semester terdiri dari BKP + SKS + Pendaftaran + Iuran Kegiatan Mahasiswa (IKM).

Namun, biaya kuliah S1 Hukum dibedakan menjadi 3 bagian yaitu A,B, dan C. Meskipun biaya per semester setiap kelas sama yaitu sebesar 18,500,000 perkiraan biaya hingga lulus setiap kelas akan berbeda.

S1 Hukum Kel A

Perkiraan sampai lulus = Rp172,805,000

S1 Hukum Kel B

Perkiraan sampai lulus = Rp175,805,000

S1 Hukum Kel C

Perkiraan sampai lulus = Rp180,305,000

Biaya Kuliah Fakultas Hukum

4. Binus University

Dikutip dari situs resmi Binus University, total biaya kuliah program S1 khususnya S1 Hukum/Hukum Bisnis bisa mencapai Rp193 juta.

5. Universitas Trisakti

Memiliki 9 fakultas dengan 47 program studi yang terdiri dari 23 program sarjana, 5 program diploma III, satu program diploma IV, 3 program profesi, 12 program magister, satu program spesialis, dan dua program doktor.

Sampai saat ini, Universitas Trisakti telah mempekerjakan 1.017 anggota fakultas, 21.028 mahasiswa aktif dan 12.720 mahasiswa yang akan lulus. Setiap tahun, Universitas Trisakti menerima 4.000 mahasiswa baru dari 34 provinsi di Indonesia.

Biaya kuliah S1 Hukum Universitas Trisakti atau disebut juga sebagai BPP (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan) yang dibayarkan setiap semester mempunyai rincian sebagai berikut.

BPP (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan) S1 Hukum terdiri dari Biaya Pokok + Biaya SKS + Jumlah SKS. Biaya pokok mencapai Rp10 juta dan biaya SKS sebesar Rp325.000

6. Universitas Tarumanagara

Dikutip dari laman resmi Universitas Tarumanagara berupa brosur, dijelaskan secara singkat perkiraan biaya kuliah selama pendidikan di Universitas Tarumanagara.

Dalam brosur tersebut menjelaskan perkiraan biaya kuliah S1 Hukum mempunyai rincian biaya sebagai berikut.

Rincian BPP dan SKS atau biaya kuliah semester 1

BPP = Rp 8,5 juta

Biaya SKS = 400,000

Jumlah SKS = 20

Perkiraan total biaya kuliah mencapai Rp117 juta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini