Kabar Baik! Siswa dari Kalangan Tak Mampu Kini Bisa Kuliah dengan KIP

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Jum'at 22 Oktober 2021 19:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 624 2490321 kabar-baik-siswa-dari-kalangan-tak-mampu-kini-bisa-kuliah-dengan-kip-E8pv8n5O0x.jpg Foto: MNC Portal

JAKARTA- Pemerintah terus mendorong siswa dari kalangan yang tidak mampu untuk dapat kuliah di perguruan tinggi melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka.

(Baca juga: KIP Kuliah Juga Bisa untuk Seleksi Mandiri PTS, Ayo Segera Daftar)

Kepala Pusat Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek Abdul Kahar mengatakan, pihaknya ingin memberikan kesempatan kepada masyarakat. Terutama dari keluarga tidak mampu sehingga bisa ikut menikmati pendidikan di level perguruan tinggi.

Kahar melanjutkan, program PIP sudah berjalan sejak 2015 dimana siswa jenjang SD, SMP, SMA/SMK menerima KIP untuk meneruskan sekolahnya. Dari situ pemerintah pun membuat KIP Kuliah agar penerima KIP di level sekolah menengah bisa melanjutkan ke perguruan tinggi.

"Mereka memiliki mimpi untuk menikmati kuliah sehingga pemerintah memberi ruang agar jangan berhenti di level SMA maka dinaikkan ke jenjang perguruan tinggi melalui KIP Kuliah," katanya diskusi KIP Kuliah Merdeka yang dipantau dari Youtube, Jumat (22/10/2021).

Dia membeberkan 3 kriteria calon mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka.

1. Prioritas pertama penerima KIP Kuliah adalah penerima PIP dari jenjang sekolah SMA/SMK/MA

2. Jika di sekolahnya belum terdaftar sebagai penerima PIP maka Kemendikbudristek akan melihat apakah mereka berasal dari penerima Program Keluarga Harapan (PKH)

3. Kriteria ketiga, jika tidak terdaftar di PIP maupun PKH maka akan dilihat dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial. Jika berada di Desil 4 kebawah maka berhak menerima KIP Kuliah.

Kahar menjelaskan, melalui KIP Kuliah Merdeka pemerintah ingin membuka kesempatan bagi siswa dari keluarga tidak mampu untuk berani memilih program studi di perguruan tinggi unggulan.

Masih kata Kahar, jika di KIP Kuliah sebelumnya siswa dan orang tua ragu-ragu memilih kampus unggulan di luar domisili karena ada beban biaya maka dengan KIP Kuliah merdeka Kemendikbudristek sudah menyesuaikan tuition fee dan biaya hidup sehingga siswa dari kalangan tidak mampu dapat mengenyam pendidikan di kampus unggulan di Ibu Kota.

"Bagi yang belum punya kesempatan tahun ini jangan putus asa. Demikian juga yang masih duduk di bangku SMA/SMK/MA segera persiapkan diri. Insya Allah tahun depan KIP Kuliah akan hadir lagi dan akan menyambut orang-orang yang memiliki persiapan yang baik," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini