Hebat! 6 Bidang Ilmu Unpad Masuk Pemeringkatan THE WUR

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Kamis 21 Oktober 2021 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 21 65 2489482 hebat-6-bidang-ilmu-unpad-masuk-pemeringkatan-the-wur-DOWjaqVwpa.jpeg Universitas Padjadjaran (Foto: Dokumen Okezone)

JAKARTA - Universitas Padjadjaran (Unpad) kembali masuk ke dalam pemeringkatan Times Higher Education atau THE World University Rankings by Subject 2022. Pada tahun ini, 6 bidang ilmu di Unpad berhasil masuk ke dalam pemeringkatan.

Capaian ini meningkat setelah tahun lalu 5 bidang ilmu di Unpad masuk ke dalam pemeringkatan THE WUR by Subject 2021.

“Tahun ini kita mempunyai satu kebahagiaan karena ada satu bidang subyek baru te-ranking,” kata Kepala Kantor Internasional Unpad Ronny melansir laman resmi Unpad di unpad.ac.id, Kamis (21/10/2021).

Baca juga: Unpad Kembali Buka Pendaftaran SMUP Pascasarjana, Ini Mekanisme Barunya

Enam bidang ilmu yang masuk pemeringkatan tahun ini adalah Engineering (1001+), Life Sciences (801+), Clinical and Health (601+), Social Sciences (601+), Business and Economics (601+), serta satu bidang ilmu baru, yaitu Physical Sciences (1001+). Lima bidang ilmu tersebut sebelumnya telah masuk ke dalam pemeringkatan.

“Kita berhasil konsisten mempertahankan performa dari subyek-subyek yang ter-ranking sebelumnya,” kata Ronny.

Baca juga: Mahasiswa Unpad Gagas Platform Fishery Skill Lab untuk Masyarakat

Seperti sebelumnya, pemeringkatan THE World University Rankings by Subject menilai secara spesifik bidang keilmuan yang ada di perguruan tinggi. Ada 11 klasterisasi bidang ilmu yang dilakukan penilaian.

Penilaian bidang ilmu secara spesifik merupakan rekognisi oleh THE setelah Unpad berhasil masuk pada pemeringkatan THE World University Rankings.

Lebih lanjut Ronny mengatakan, konsistensi capaian peringkat pada THE World University Rankings by Subjects merefleksikan bahwa program dan arah kebijakan pengembangan pendidikan di Unpad telah sesuai dengan yang diharapkan.

“Secara details dan implementasi program ke depannya tentunya perlu dioptimalkan,” tambahnya.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini