Share

Kurangnya Pengetahuan Kritis Ancam Penanganan Kesehatan Mental

Susi Susanti, Okezone · Selasa 19 Oktober 2021 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 19 65 2488579 kurangnya-pengetahuan-kritis-ancam-penanganan-kesehatan-mental-NmX3jv08hA.jpg Ilustrasi kesehatan mental (Foto: Freepik)

JAKARTA - Psikolog sosial dan dosen Jurusan Psikologi, Fakultas Humaniora, Universitas Bina Nusantara (Binus) sekaligus Pengurus Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) pada Kompartemen Riset dan Publikasi Juneman Abraham mengatakan kesehatan mental membutuhkan pengetahuan kritis.

Dia menjelaskan kurangnya pengetahuan kritis ini dikhawatirkan menjadi ancaman bagi penanganan masalah kesehatan mental secara akurat dan bertanggung jawab.

“Kesediaan yang besar dari berbagai inisiatif atau startup companies untuk membantu atau berkontribusi terhadap masalah kesehatan mental tentu sangat kita apresiasi,” ujarnya.

Baca juga: Jangan Abai! Ini 2 Cara Rawat Kesehatan Mental

Akan tetapi, dia menjelaskan hal ini baru merupakan syarat perlu (necessary condition) menuju layanan kesehatan mental yang optimal, namun masih jauh dari cukup bila belum diimbangi dengan pengembangan sebuah epistemologi pengetahuan kesehatan jiwa yang berwacana luas dan dialogis. Tidak sedikit layanan kesehatan jiwa tidak memutakhirkan pengetahuannya sehingga menggunakan pendekatan yang sebenarnya sudah usang dari segi ilmiah.

Baca juga: Jelang 2 Tahun Covid-19, Refleksi Dampak Pandemi Penting untuk Kesehatan Mental

Pengembangan pengetahuan dimaksud hanya dapat difasilitasi dengan riset-riset berkelanjutan di bidang kesehatan mental dan pembelajaran bersama yang secara berkala dan eskalatif melibatkan berbagai pemangku kepentingan terkait kesehatan jiwa, baik profesi kesehatan jiwa (psikolog, psikiater, perawat jiwa, pekerja sosial jiwa), filsuf, ilmuwan (sosiolog, antropolog, dsb), masyarakat terdampak di desa dan di kota, industri dan NGO terkait, sekolah dan perguruan tinggi, sampai dengan jurnalis media.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini