Daftar Universitas yang Ada di Jogja, Tidak Hanya UGM!

Lutfia Dwi Kurniasih, Okezone · Kamis 14 Oktober 2021 08:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 65 2485066 daftar-universitas-yang-ada-di-jogja-tidak-hanya-hanya-ugm-nQPxiFSWab.jpg Universitas yang ada di Jogya. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Banyak universitas yang ada di Jogja. Hal ini tentu harus diketahui pada siswa kelas 12 yang berniat berjuliah di kota pelajar tersebut,

Setelah lulus, banyak sekali siswa SMA/SMK yang ingin melanjutkan pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yap, tinggal di Kota Yogyakarta adalah mimpi sebagian banyak orang. Bagaimana tidak? Kota yang terkenal asri dan sejuk ini telah menawarkan begitu banyak keindahan khasnya.

Salah satu yang ditawarkan Kota Yogyakarta yaitu jenjang perguruan tinggi negeri. Pastinya kamu sudah mengenal beberapa universitas ternama asal Yogyakarta.

Baca juga: Jurusan-Jurusan UGM yang Sepi Peminat, Apa Saja?


Baca juga: Usia Bukan Penghalang, Wisudawan Tertua ITS Lulus di Usia Hampir 60 Tahun


Namun, nyatanya universitas yang ada di Jogja jumlahnya sangat banyak, lho. Buat kamu yang mau tau lebih banyak dunia kampus di Yogyakarta, kamu wajib simak artikel berikut ya!

Berikut adalah daftar universitas yang ada di Jogja.

1. UGM

Siapa yang tak kenal Universitas Gadjah Mada? Yap, Universitas Gadjah Mada atau UGM adalah salah satu universitas ternama yang ada di Yogyakarta.

Didirikan pada periode awal kemerdekaan, UGM didaulat sebagai Balai Nasional Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan bagi penyelenggaraan pendidikan tinggi nasional.

UGM diketahui memiliki 18 fakultas, satu sekolah pascasarjana, serta satu sekolah vokasi dengan jumlah program studi sebanyak 265.

2. Universitas Teknologi Yogyakarta

Universitas Teknologi Yogyakarta atau biasa disingkat UTY adalah salah satu perguruan tinggi swasta terbaik yang berbentuk universitas di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Universitas ini diselenggarakan oleh Yayasan "Dharma Bhakti IPTEK", Bediri pada 23 Oktober 2002 dengan penggabungan tiga perguruan tinggi melalui Surat Keterangan Menteri Pendidikan Nasional RI No 237/D/0/2002 tertanggal 23 Oktober 2002.

3. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia (disingkat UII) adalah perguruan tinggi swasta nasional tertua di Indonesia yang terletak di Yogyakarta. UII semula bernama Sekolah Tinggi Islam (STI) yang didirikan di Yogyakarta pada tanggal 8 Juli 1945.

Universitas Islam Indonesia termasuk ke dalam universitas swasta tertua di Indonesia. Kampus yang didirikan sebulan sebelum kemerdekaan Indonesia ini memiliki 10 fakultas yang sangat beragam di berbagai bidang.

 

4. Universitas Pembangunan Veteran Yogyakarta

Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta atau biasa disingkat UPN "Veteran", merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia yang berlokasi di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada saat didirikan, UPN "Veteran" Yogyakarta hanya memiliki 3 jurusan. Sekarang UPN "Veteran" Yogyakarta memiliki 5 fakultas yang terdiri dari 1 program studi untuk D-3, 21 program studi untuk S-1, 8 program studi untuk S-2, serta 1 program studi untuk S-3.

5. Universitas Atma Jaya

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi, Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus.

Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global. Memiliki 6 fakultas diantaranya fakultas ekonomi, fakultas teknik, fakultas teknobiologi, fakultas hukum, fakultas teknologi industri dan fakultas ilmu sosial dan politik.

6. Universitas Sanata Dharma

Universitas Sanata Dharma (USD) telah berhasil meraih akreditasi perguruan tinggi swasta terbaik di Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma sekarang memiliki 8 fakultas dengan 25 program studi program sarjana, 1 program studi program profesi, 8 program studi program magister, dan 1 program studi program doktor.

7. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) adalah salah satu universitas negeri dengan pengembangan nilai-nilai dasar, agar menjadi karakter dan tercermin dalam kepribadian sivitas akademika UNY, disemangati dengan motto “leading in character education”. UNY memiliki 7 fakultas dan program pasca sarjana.

8. Universitas Kristen Duta Wacana

Universitas Kristes Duta Wacana berawal dari Sekolah Tinggi Theologia Duta Wacana, sekarang Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) menjadi kampus swasta terkemuka di Yogyakarta.

UKDW memiliki tujuh fakultas (teologi, arsitektur, bioteknologi, bisnis, teknologi informasi, kedokteran, serta kependidikan dan humaniora) dengan tujuh belas program studi.

9. Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) merupakan pengembangan dari Institut Keguruan dan llmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta yang berdiri pada 18 November 1960.

UAD memiliki 10 fakultas seperti fakultas tarbiyah dan dirasat islamiyah, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, fakultas farmasi, fakultas hukum, fakultas kesehatan masyarakat, fakultas teknologi industri, fakultas psikologi, fakultas ekonomi & bisnis, fakultas sastra budaya dan komunikasi dan fakultas matematika dan ilmu pengetahuan.

10. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Ki Hadjar Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional) mendirikan Perguruan Tamansiswa pada tanggal 3 Juli 1922. Pada tahun 1983 akhirnya resmi berubah namanya menjadi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST).

Di Universitas ini terdapat beberapa fakultas lengkap dengan prodinya. fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, fakultas ekonomi, fakultas pertanian, fakultas psikologi dan fakultas teknik.

11. Universitas Islam Sunan Kalijaga

Universitas Indonesia Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) dulunya bernama IAIN (Institut Agama Islam Negeri). Pergantian nama baru menjadi UIN Suka ini berawal dari tahun 2004 ketika UIN Suka ingin mengintegrasikan dan melakukan interkoneksi antara keilmuan agama dengan keilmuan umum untuk mengikuti perkembangan zaman. Diketahui Universitas Sunan Kalijaga memiliki 8 fakultas dan puluhan program studi.

12. Universitas Muhamadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau UMY adalah sebuah universitas swasta di Yogyakarta yang berafiliasi dengan Muhammadiyah, organisasi Islam terbesar kedua di Indonesia. Saat ini, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) merupakan salah satu kampus swasta terbesar di Kota Yogyakarta. UMY juga diketahui memiliki 8 fakultas.

13. Universitas Janabadra Yogyakarta

Pada awal berdirinya Universitas Janabadra Yogyakarta yaitu tanggal 7 Oktober 1958, mempunyai tiga fakultas yaitu fakultas ekonomi, hukum, dan teknik. Masing-masing fakultas hanya menyelenggarakan satu program studi yaitu manajemen perusahaan untuk fakultas ekonomi, ilmu hukum untuk fakultas hukum, dan teknik sipil untuk fakultas teknik.

14. Universitas Alma Ata

Universitas Alma Ata (UAA) adalah univesitas baru yang merupakan penggabungan dari dua kampus yang berbeda namun masih dalam satu yayasan, yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Alma Ata Yogyakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Alma Ata Yogyakarta.

Seiring dan pertumbuhan dan kebutuhan masyarakat, akhirnya pada tanggal 21 Desember 2015 semua perguruan tinggi Alma Ata resmi menjadi Universitas Alma Ata. Terdapat 5 fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas ilmu kesehatan, fakultas ilmu komputer, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, dan fakultas agama islam.

15. Universitas AMIKOM Yogyakarta

Universitas AMIKOM Yogyakarta menyediakan beberapa jenjang pendidikan dari diploma hingga magister yang bertumpu pada bidang komputer dan kewirausahaan. Kampus yang berdiri pada 29 Desember 1992 ini memiliki program studi diploma III manajemen informatika, program studi diploma III teknik informatika, program studi S1 ​​sistem informasi, program studi S1 ​​teknik informatika dan program studi S2 magister teknik informatika.

16. Universitas Cokroaminoto Yogyakarta

Universitas Cokroaminoto adalah perguruan tinggi swasta yang berdiri pada 1955 di Surakarta di bawah Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Surakarta. Namun pada 1979, Universitas Cokroaminoto pindah lokasi ke Yogyakarta dengan mendirikan yayasan baru, yaitu Yayasan Perguruan Tinggi Islam Cokroaminoto Yogyakarta.

Dengan lima fakultas yang berdiri saat itu, Universitas Cokroaminoto berkembang dan berkomitmen untuk mencetak lulusan kader bangsa yang patriotik, mandiri dan kompeten pada bidang masing-masing. Lima fakultas yang dimiliki Universitas Cokroaminoto diantaranya yaitu fakultas hukum, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, fakultas ekonomi, fakultas agama Islam, fakultas teknik.

17. Universitas Proklamasi 45

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta didirikan pada tanggal 17 Agustus 1964 oleh Yayasan Universitas Proklamasi 45 dengan akta pendirian no. 26 tahun 1965.

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta mempunyai 5 (lima) fakultas dengan beberapa jurusan, yakni: fakultas teknik, fakultas ekonomi, fakultas ilmu sosial dan politik, fakultas psikologi dan fakultas hukum.

Nah, gimana? Semakin tertarik kan untuk melanjutkan kuliah di Yogyakarta!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini