Dengan Kampus Merdeka, Mahasiswa Ekonomi Bisa Ambil Jurusan IT

Agnes Teresia, Okezone · Senin 11 Oktober 2021 06:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 65 2484203 dengan-kampus-merdeka-mahasiswa-ekonomi-bisa-ambil-jurusan-it-lmBylIUUgs.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA – Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek, Nizam mengatakan Kampus Merdeka merupakan program Kemendikbudristek yang bertujuan memastikan setiap potensi mahasiswa berkembang semaksimal, seoptimal mungkin, dan masuk ke lapangan pekerjaan yang memang menjadi passion mereka sejak awal.

Bentuk program yang ditawarkan Kampus Merdeka juga beragam salah satunya adalah pengambilan mata kuliah lintas prodi dan jurusan.

“Satu semester bisa mengambil lintas prodi jadi misalnya mahasiswa ekonomi pengen tau tentang big data karena itu tidak ada di fakultasnya, dia tau ke depannya fintech akan butuh pemahaman big data, dia bisa ambil big data di ilmu komputer,” jelasnya.

Nizam juga menyampaikan salah satu bentuk konkret dari program Kampus Merdeka salah satunya adalah kompetensi baru yang disebut dengan Machine Learning. Menurutnya, tidak banyak kampus atau perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki kompetensi tersebut padahal kebutuhannya di dunia kerja sangat banyak hingga puluhan ribu.

“Nah kita lakukan program namanya Microcredential Machine Learning bersama dengan Google, mahasiswa dari departemen dan jurusan apapun bisa ikut program tersebut,” kata Nizam dalam Special Dialogue Okezone.

Dalam waktu satu semester, Nizam mengklaim Kampus Merdeka bisa hasilkan 3000 certified Machine Learning di Indonesia. Jumlah certified skill di bidang itu lebih tinggi dibanding dengan India padahal tadinya Indonesia jauh tertinggal.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini