Dubes Heri Akhmadi Resmikan PKBM Ketiga di Jepang

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 11 Oktober 2021 16:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 623 2484618 dubes-heri-akhmadi-resmikan-pkbm-nagoya-pusat-belajar-masyarakat-ketiga-di-jepang-IWGrVOk5ZI.jpeg Dubes RI Heri Akhmadi meresmikan PKBM Nagoya, yang ketiga di Jepang. (Foto: KBRI Tokyo)

TOKYO - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi meresmikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Nagoya yang bertempat di ASEAN Nagoya Center, Jepang.

Peresmian disaksikan oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo Yusli Wardiatno serta dihadiri oleh Ketua Komunitas Muslim Indonesia (KMI) Didik Kurniawan, Ketua Toyota Indonesia Group (TIG) Moelyono dan diaspora pengusaha Indonesia di Nagoya Mardiansyah.

PKBM ini adalah yang ketiga di Jepang yang diresmikan oleh Dubes Heri setelah PKBM Darussalam di Nishio, Aichi dan PKBM At Taqwa di Koga, Ibaraki.

BACA JUGA: KBRI Tokyo Dukung Game Lokal Indonesia Mendunia melalui Event Tokyo Game Show 2021

Saat peresmian, Dubes Heri menegaskan bahwa KBRI Tokyo terus berupaya agar layanan pendidikan bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di Jepang dapat terpenuhi.

"PKBM ini selain mencakup pendidikan dasar dan menengah, nantinya dapat menjadi pusat tutorial bagi pendidikan jarak jauh yang dilakukan oleh mitra KBRI seperti Universitas Terbuka atau Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dengan target para pemagang di Jepang yang berjumlah sekitar 37 ribu orang," papar Dubes Heri sebagaimana dikutip dalam keterangan pers yang diterima media, Senin (11/10/2021).

BACA JUGA: Mahasiswa Universitas Keio Jepang Antusias Belajar Budaya Indonesia

“Ke depannya PKBM dapat menjadi pusat pendidikan agama dan kebangsaan. Sehingga anak-anak Indonesia yang tinggal di Jepang memiliki pengetahuan dasar negara Pancasila serta memahami Bahasa Indonesia dan lagu kebangsaan Indonesia Raya”, tambahnya.

Peresmian PKBM Nagoya oleh Dubes Heri ditandai dengan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada Kepala PKBM Nagoya Diyah R Tohari yang juga merupakan mahasiswa program doktor di Waseda University.

Pada kesempatan terpisah, Dubes Heri melakukan pertemuan secara daring dengan Konsul Kehormatan Nagoya untuk Indonesia Hidoe Sugimoto.

Selain membahas penguatan hubungan kerja sama ekonomi Indonesia - Jepang di wilayah Aichi, Dubes Heri juga mendiskusikan upaya perlindungan WNI serta pemberian vaksinasi Covid-19 di Aichi bagi seluruh WNI yang tinggal di wilayah tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini