Nadiem : Orang Terpenting dalam Sistem Pendidikan Bukan Menteri, tapi Kepala Sekolah

Widya Michella, MNC Media · Selasa 05 Oktober 2021 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 624 2481709 nadiem-orang-terpenting-dalam-sistem-pendidikan-bukan-menteri-tapi-kepala-sekolah-39AQrFBMTw.jpg Mendikbudristek Nadiem Makarim (Okezone)

JAKARTA - Mendikbud Ristek Nadiem Makarim menyebut kepala sekolah menjadi satu orang terpenting dalam sistem pendidikan. Itu karena menurutnya, sekolah memiliki kemerdekaan untuk menentukan strateginya dalam transformasi sistem pendidikan.

"Satu orang yang terpenting dalam sistem pendidikan kita bukan menteri, kepala dinas,kepala daerah, tapi kepala sekolah itu adalah managernya,"jelas Nadiem dalam MNC Forum LIX ke 59 "Transformasi sistem pendidikan Indonesia di era digital",Selasa,(05/10/2021).

Terkait tranformasi digital, lanjutnya sekolah dapat bebas memilih apakah sistem pembelajaran akan menggunakan online, offline atau hybrid.

"Merdeka belajar adalah kemerdekaan di sekolah tersebut bukan kita yang memaksa mereka untuk hybrid learning atau apa. Mereka akan memilih elemen apa yang mereka lakukan lewat online atau offline,"jelasnya.

Dan hal tersebut menjadi keharusan guna mengakselerasi transformasi sistem pendidikan dalam mengejar ketertinggalan.

Baca Juga : Kejar Transformasi Sistem Pendidikan, Nadiem Bakal Luncurkan Berbagai Platform Digital

"Jadi ini multivariable problem yang harus kita gunakan momentum saat itu untuk mengakselerasi perubahan tersebut,"ucapnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini