Share

Kejar Transformasi Sistem Pendidikan, Nadiem Bakal Luncurkan Berbagai Platform Digital

Widya Michella, MNC Media · Selasa 05 Oktober 2021 17:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 624 2481698 kejar-transformasi-sistem-pendidikan-nadiem-bakal-luncurkan-berbagai-platform-digital-t5OGAzWxOd.jpg Nadiem Makarim. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Dalam mempercepat transformasi sistem pendidikan di era digital, Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim akan meluncurkan berbagai platform untuk kebutuhan guru di Indonesia.Pihaknya telah mempunyai unicorn sendiri dalam menyediakan berbagai macam aplikasi gratis untuk sekolah-sekolah di Indonesia.

"Jadi digitalisasi itu bukan cuma bagi-bagi laptop, router, proyektor saja, tetapi juga menyediakan berbagai macam platform yang akan membantu meningkatkan kualitas pembelajaran sekolah yang bukan hanya hardware tetapi juga software,"dalam MNC Forum LIX ke 59 "Transformasi Sistem Pendidikan Indonesia di Era Digital", Selasa (5/10/2021).

Ia mengatakan pada tahun ini akan mulai dirilis beberapa platform-platform secara berkala. Misalnya platform untuk guru yang dapat memberikan asesmen peserta didiknya.

"Jadinya mereka bisa secara berkala melakukan asesmen dan lalu memecahkan kelasnya mungkin ada yang lebih cepat, lambat dan itu enggak masalah. Kapan pun mereka mau menentukan anak-anak mana yang mungkin sudah lebih maju di bidang numerasi atau di bidang literasi," ucapnya.

Baca juga: 2.175 Orang Terima Beasiswa Pendidikan Indonesia, Ini Pesan Mendikbudristek Nadiem

Ada juga platform untuk meningkatkan kemampuan kompetensi para guru. "Guru di manapun sekarang bisa belajar dan bisa dengan online learning.Itu salah satu hal yang kita kerjakan juga," jelasnya.

Lalu penambahan fitur Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah) sebagai platform e-commerce yang digunakan untuk PBJ (Pengadaan Barang dan Jasa) sekolah dalam mengawasi penggunaan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler di setiap sekolah.

"Tahun ini akan kita roll out SIPLah versi 2.0 dengan fitur-fitur kita tambahkan untuk menjadi e-commerce platform di sekolah-sekolah kita. Untuk membebaskan kepala sekolah dari stres mengenai laporan keuangan, mereka tahu kalau belanja di (aplikasi) itu aman 100%," urainya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini