Kemendikburistek Disarankan Bentuk Pusat Komando Pembelajaran Selama Pandemi

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Jum'at 01 Oktober 2021 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 01 65 2479703 kemendikburistek-disarankan-bentuk-pusat-komando-pembelajaran-selama-pandemi-reOJDFjHmH.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Pakar pendidikan Indra Charismiadji memberi saran agar Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuat pusat komando pembelajaran selama pandemi.

Indra menerangkan, pusat komando ini akan dikelola langsung oleh Kemendikbudristek sehingga penanganan pendidikan selama pandemi akan semakin baik.

"Ini adalah upaya nyata untuk membenahi pendidikan selama pandemi," ujar Direktur Eksekutif Center for Education Regulations and Development Analysis (CERDAS) ini kepada wartawan.

Baca juga: Kemendikbudristek Buka Pendaftaran Beasiswa Microcredential untuk Guru hingga Pengawas Sekolah

Menurut Indra, tugas dari pusat komando pembelajaran selama pandemi ini seperti satgas yang akan berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pemerintah daerah.

Dia menjelaskan, koordinasi ini penting agar Kemendikbudristek akan mengetahui apa kebutuhan yang paling sesuai dengan permasalahan masing-masing di daerah dan sekolah dalam melakukan pembelajaran.

Baca juga:  Tumbuhkan Harapan bagi Anak Putus Sekolah, Mendikbudristek Luncurkan Program Ayo Kursus

Misalnya, jelas Indra, jika ada sekolah yang lebih membutuhkan buku pembelajaran bagi siswa maka berikanlah bantuan dalam bentuk buku dan bukan disalurkan bantuan kuota data internet.

"Atau sekolah lebih butuh pendampingan dari Kemendikbudristek. Ini yang butuh komunikasi dan koordinasi," jelasnya.

Indra menuturkan, pusat komando pembelajaran selama pandemi ini bertugas mengawasi proses pembelajaran yang tidak hanya berkoordinasi dengan pemerintah daerah saja.

Namun, katanya, Kemendikbudristek juga harus berkoordinasi dengan organisasi lain seperti NU, Muhammadiyah, PGRI dan lainnya sehingga Kemendikbudristek akan lebih mengetahui permasalahan di daerah secara lebih komprehensif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini