Share

Kembangkan Potensi Diri, Ini 5 Hal Penting yang Perlu Dilakukan saat Kuliah

Neneng Zubaidah, MNC Portal · Rabu 29 September 2021 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 29 65 2478822 kembangkan-potensi-diri-ini-5-hal-penting-yang-perlu-dilakukan-saat-kuliah-7278WdR4aq.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menjadi mahasiswa di suatu perguruan tinggi tidak hanya diisi kegiatannya dengan kegiatan belajar saja. Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan potensi diri.

Kegiatan lain itu perlu dilakukan sebab bisa menjadi bekal setelah lulus kuliah. Terutama bagi kalian yang ingin melanjutkan diri ke dunia kerja nanti.

BACA JUGA: 8 Tips Lulus Kuliah dengan Predikat Cumlaude

Mengutip instagram resmi Direktorat Dikti Vokasi dan Profesi Kemendikbudristek di @diktivokasi, Selasa (28/9/2021), ada 5 hal yang harus diketahui saat kuliah agar potensi diri semakin terasah.

1. Tak Hanya Mengejar IPK, Pastikan Pengembangan Kualifikasi dan Sertifikasi 

Masyarakat kian kompetitif apalagi sejak berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Banjir tenaga kerja terampil dari luar negeri tentu saja harus diperhatikan semua pihak, termasuk para mahasiswa.

Secara teoritis, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) memang menjadi standar mutlak yang dituju mahasiswa. Tentu hal ini ada kaitannya dengan kemudahan untuk mendapatkan pekerjaan serta meniti karier.

BACA JUGA: Apa yang Mahasiswa Harapkan dari Minggu Pertama Kuliah?

Disamping mengejar IPK tingi, ada baiknya pula meluangkan waktu untuk menambah kualifikasi yang masih sebidang dengan jurusan kuliah yang diambil. Tak hanya mendapatkan pengalaman semata. Ini tentu jadi nilai tambah saat melamar pekerjaan kelak. Tak ada salahnya menginvestasikan waktu dan tenaga untuk hal bermanfaat dan positif

2. Kuatkan dan Bangunlah Jaringan (Networking) sebagai Investasi Masa Depan 

Jangan jadi kupu-kupu alias kuliah pulang kuliah pulang. Demikian celetukan yang beredar di kampus. Ada benarnya meskipun tidak mutlak.

Sebab dalam dunia kerja saat ini networking berperan besar. Jaringan yang terbangun bisa jadi adalah satu hal yang positif saat lulus. Bisa jadi info tentang peluang karir atau berharap sukses lewat jalur wirausaha bisa didapatkan atau diwujudkan berkat adanya jaringan tersebut.

3. Buang Jauh Rasa Malu dan Pupuklah Pengalaman dalam Banyak Hal

Pergaulan di kampus memang harus diperhatikan dengan sangat baik. Banyaknya komunitas yang bermunculan serta kegiatan bisa jadi menguntungkan sekaligus merugikan. Namun menyelaminya lebih dalam adalah hal yang baik bagi seorang mahasiswa. 

Dengan demikian akan terpupuk pengalaman yang lebih sebagai bekal menghadapi hidup setelah mengenyam pendidikan dan menamatkan diri menjadi lulusan terbaik nantinya.

4. Percaya Diri dan Yakin dengan Kemampuan Sendiri adalah Kunci Sukses

Yakin dengan kemampuan diri sendiri serta mau mencoba banyak hal bisa jadi modal saat telah lulus. Dengan rasa percaya diri tinggi, seorang mahasiswa akan mampu beradaptasi dengan iklim kehidupan kampus yang berbeda dengan saat berada di sekolah menengah. 

Hal ini pula yang menjadi modal hidup mandiri hingga saat terjun ke masyarakat nantinya.

5. Temukan Bakat Terpendam dan Pilihlah Hobi yang Disuka untuk Ditekuni

Masa studi bisa jadi sangat membosankan bahkan memupuskan semangat bila hanya diisi dengan kegiatan studi semata. Sebabnya hal ini sangat monoton karena terjebak dalam rutinitas yang itu-itu saja. 

Oleh karena itu, memupuk hobi untuk ditekuni bukan hal yang salah apalagi kalau hobi tersebut bisa menjadi nilai tambah.

Ketekunan pada hobi sering kali menjadi jalan keluar bagi seseorang dalam menjalani rutinitas keseharian.

Hal ini pula yang bisa dipupuk sejak berada di kampus sewaktu menjalani masa studi, menemukan komunitas yang sama dan sehobi tentu akan semakin bermanfaat bagi pengembangan diri seseorang.

Itu adalah 5 hal yang perlu diketahui saat kuliah. Banyak ilmu yang dapat diambil dari kegiatan lainnya. Maka jangan lewatkan kesempatan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini