Minimalisir Penularan Covid-19, Mahasiswa IPB Gagas Nassal Spray dari Daun Sambiloto dan Mint

Neneng Zubaidah (Koran Sindo), Koran SI · Senin 27 September 2021 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 65 2477422 minimalisir-penularan-covid-19-mahasiswa-ipb-gagas-nassal-spray-dari-daun-sambiloto-dan-mint-JZ9ddZ8VBi.jpg IPB University (Foto: Okezone)

JAKARTA- Dua mahasiswa IPB University menggagas alat semprot hidung (nasal spray) dari daun sambiloto dan mint. Ide yang diberi nama Siminspray ini pun berhasil meraih juara 2 di lomba kompetisi ilmiah mahasiswa (KIMIA) yang diselenggarakan Universitas Lambung Mangkurat.

Dua mahasiswa IPB University itu adalah Gilang Ramadhan dan Feby Abelina dari Departemen Teknik Mesin dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, IPB University. Keduanya menggagas ide Siminspray untuk bisa meminimalisir penularan Covid-19.

Gilang Ramadhan menjelaskan, Siminspray adalah nassal spray atau alat semprot hidung yang terbuat dari daun sambiloto dan mint. Ia menyebut, cairan Siminspray dibuat dengan metode maserasi.

 (Baca juga: Mahasiswa IPB University Manfaatkan Sarang Burung Walet untuk Kecantikan dan Kesehatan)

“Siminspray ini didesain dengan kemasan yang menarik dan ringan, sehingga mudah dibawa kemana-mana dan bisa menjadi obat pelindung yang efektif,” ujar Gilang melalui siaran pers, Senin (27/9/2021).

Gilang menerangkan, tanaman sambiloto dapat dijadikan obat tradisional untuk masalah saluran pernapasan. Masalah saluran pernapasan yang dimaksud seperti infeksi saluran pernapasan bagian atas, flu, sakit tenggorokan, dan laringitis.

 (Baca juga: Gagas Listrik dari Sampah, Mahasiswa IPB University Juara Kompetisi Mahasiswa Nasional)

Lebih lanjut, Gilang menjelaskan, kandungan andrographolide yang mencapai 2,99 persen pada sambiloto dapat mengobati banyak virus seperti virus influenza A (IAV).

Tidak hanya itu, kandungan andrographolidae juga berguna untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh human immunodeficiency virus (HIV), Enterovirus D68 (EV-D68) 54, denguevirus (DENV) 1, dan virus Chikungunya (CHIKV). Bahkan, sejak adanya pandemi, andrographolide diprediksi mampu menjadi penghambat untuk COVID-19.

Sementara itu, kata Gilang, daun mint juga memiliki banyak manfaat sebagai obat saluran pernapasan yang melengkapi sambiloto. Ia menyebut, menthol adalah bahan utama yang paling terkenal dari daun mint.

Bahan ini memiliki khasiat untuk membantu melegakan pernapasan dan menenangkan peradangan pada hidung. Kandungan menthol pada daun mint mencapai 50 % dan mampu menjadi zat anti inflamasi atau pelega tenggorokan dan menurunkan sesak napas.

“Siminspray aman digunakan dalam jangka panjang karena tidak terdapat zat-zat berbahaya yang berdampak negatif bagi pengguna. Ditambah lagi, bahan baku yang digunakan untuk membuat Siminspray mudah didapatkan di Indonesia sehingga dapat dijual dengan harga yang ekonomis,” pungkasnya.neneng zubaidah

Caption: nassal spray mahasiswa IPB University. Foto/Dok/IPB University

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini