Share

Did You Know: Heliconia, Bunga Mirip Paruh Burung Beo yang Kurangi Polusi Udara

Lutfia Dwi Kurniasih, Okezone · Kamis 23 September 2021 08:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 21 65 2474609 did-you-know-heliconia-bunga-mirip-paruh-burung-beo-yang-kurangi-polusi-udara-4aAqbyRejY.jpg Bunga Heloconia. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Bunga heliconia adalah genus tumbuhan berbunga yang berasal dari keluarga Heliconiaceae. Tanaman ini memiliki nama latin heliconia psittacorum.

Bahasa latin “psittacus” sendiri berarti burung beo hal ini karena bentuk bunga heliconia menyerupai paruh burung beo. Demikian dilansir dari akun Instagram temantaman.jkt.

Di Indonesia tanaman ini dikenal dengan sebutan tanaman pisang-pisangan karena bentuknya yang menyerupai pohon pisang. Batangnya juga memiliki pelepah, namun dalam ukuran yang lebih kecil.⁣⁣

Heliconia juga memiliki nama lain seperti bunga cendrawasih palsu, heli, pisang raja liar, cakar lobster, tanaman paruh burung beo dan paruh toucan.

Baca juga: Pengertian Interaksi Sosial: Ciri-ciri hingga Persyaratannya


Baca juga: Bunyi dan Makna UUD 1945 Lengkap dari Alinea Kesatu hingga Keempat

Heliconia adalah tanaman yang cukup mudah untuk dibudidaya terutama sebagai tanaman keras luar ruangan. Tanaman ini dapat tumbuh di tanah kering yang tetap lembab dan tumbuh baik dibawah sinar matahari.

Tanaman ini banyak ditemukan di wilayah Indonesia baik di pedesaan maupun di kota besar. Tanaman ini bisa tumbuh tinggi hingga 3-30 kaki.

Heliconia menawarkan keindahan warna yang mencolok pada bunganya. Bunga heliconia sebenarnya adalah daun dan bracts yang sangat termodifikasi.

Bunga heliconia dihasilkan pada malai yang panjang, tegak atau terkulai, dan terdiri dari bracts lilin berwarna cerah, dengan bunga sejati kecil di dalam bracts. Bracts bisa menghasilkan warna oranye, ungu, merah, kuning, merah muda, hijau, atau kombinasinya.

⁣⁣

Selain keindahannya yang menyejukkan, tanaman ini juga berperan dalam perbaikan lingkungan dan mengurangi polusi udara, lho. Heliconia dapat menyerap berbagai polutan seperti karbon monoksida atau gas buang kendaraan dan pembakaran sampah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini