Share

Olahan Porang Mahasiswa Brawijaya Sabet Penghargaan Bergengsi Internasional

Avirista Midaada, Okezone · Rabu 01 September 2021 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 01 623 2464385 olahan-porang-mahasiswa-brawijaya-sabet-penghargaan-bergengsi-internasional-y80l9VtGx0.jpg foto: ist

MALANG - Lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) berhasil mengolah porang menjadi sebuah biskuit anti mual untuk ibu hamil.

(Baca juga: Jokowi: Pemerintah Ubah Mindset Petani Menuju Smart Farming)

Kelimanya adalah M Ahmad Talkhis, Nabilla Alya Anastasya, Farida Lutfiya Azizah, Fatih Meru Samudera, dan Vio Awan Nur Hidayat. Mereka dibawah bimbingan Dr. Lilik Wahyuni, M.Pd, berhasil membuat biskuit untuk ibu hamil dari Porang bernama Amora Pregnancy Biskuit.

Mahasiswa UB pembuat biskuit Ahmad Talkhis menjelaskan, porang atau dengan nama latin Amorphophallus muelleri merupakan salah satu komoditas pertanian dengan kadar glukomanan yang tinggi. Glukomanan sendiri merupakan senyawa polisakarida yang bermanfaat untuk mengurangi stres, rasa kenyang dan memperlambat pengosongan perut sehingga cocok dijadikan sebagai produk pangan sehat seperti biskuit.

(Baca juga: Kisah Haru Bocah 3 Tahun yang Rawat Ibunya Seorang Diri karena Lumpuh)

"Pemanfaatan porang di Indonesia dalam produk pangan masih terbilang sangat minim.Selain itu, pasar porang masih didominasi untuk kebutuhan ekspor," ucapnya melalui rilis yang diterima pada Rabu (1/9/2021).

Oleh karena itu disebut Talkhis, diperlukan suatu upaya untuk mengolah porang menjadi produk pangan sehat yang memiliki nilai jual seperti biskuit sehat bagi ibu hamil.

Melalui produk Amora Pregnancy Biscuit porang diolah agar dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Amora Pregnancy Biscuit sendiri merupakan produk olahan porang sebagai bentuk makanan berupa biskuit untuk makanan pendamping ibu hamil.

"Kandungan senyawa polisakarida pada Amora Pregnancy Biscuit digunakan sebagai sumber energi jangka menengah dan panjang sehingga dapat membantu ibu hamil agar kenyang lebih lama dan menekan asam lambung yang dapat mengurangi mual dan muntah agar tidak terjadi hiperemesis gravidarum," paparnya.

Dengan mengkonsumsi Amora Pregnancy Biscuit, ibu hamil bisa terhindar dari dehidrasi yang membahayakan ibu dan janin. Selain itu, melalui, hadirnya produk Amora Pregnancy diharapkan, dapat menjadi pencerah bagi petani.

"Karena permintaan bahan dasar porang diharapkan dapat meningkatkan peluang nilai jual porang, sehingga dapat meningkatkan perekonomian petani," jelasnya.

Olahan biskuit ibu hamil dari bahan porang ini sendiri telah berhasil menyabet medali perak di ajang internasional Korean International Women's Invention Exposition (KIWIE) 2021. Produk ini pun juga mulai dipasarkan ke publik dengan dibanderol harga Rp 20.000.

Bagi masyarakat yang minat membeli produk olahan porang ini dapat memesannya di media sosial Amora Pregnancy Biscuit dan akun e-commerce-nya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini